5 Bumbu Dapur ini Punya Khasiat dan Manfaat Untuk Obat Loh!

5 Bumbu Dapur ini Punya Khasiat dan Manfaat Untuk Obat Loh!

khasiat dan manfaat bumbu dapur--

Ada banyak jenis bumbu dapur yang sering kita jumpai di dapur rumah kita. Dari berbagai jenis bumbu dapur yang sering digunakan, hampir semua memiliki khasiat yang hebat untuk obat. 

Bumbu dapur sendiri adalah tanaman beraroma yang sering ditambahkan pada masakan agar lebih sedap dan mengeluarkan aroma yang membangkitkan selera makan kita. Tidak hanya sebagai penyedap makanan, bumbu dapur sendiri juga bisa menjadi obat yang dapat menyembuhkan.

Kira-kira, bumbu dapur apa saja yang akan kita bahas kali ini? Berikut ini beberapa bumbu dapur yang mempunyai khasiat.

1. Bunga Lawang

   Rempah bunga lawang sendiri berasal dari negara Vietnam dan Tiongkok yang selalu digunakan untuk memasak. Bunga lawang berbentuk seperti bintang yang memiliki 8 ruas. Dalam ruasnya memilki biji denga warna yang sama dengan bunga lawang itu sendiri. 

   Rempah atau bumbu dapur satu ini memiliki aroma yang kuat dan rasa manis sedikit pedas. Tidak hanya menjadi penyedap masakan, bunga lawang kerap kali dicampur dengan minuman seperti wedang atau teh. 

   Bunga lawang baik digunakan sebagai herbal karena memiliki kandungan flavonoid dan polifenol. Selain itu, rempah bunga lawang memiliki senayawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, diantaranya zat besi, vitamin C, kalsium, kalium, magnesium, lemak dan serat makanan.

   Manfaat dan khasiat dari bunga lawang sendiri dapat mengatasi flu, menjaga kesehatan kulit, mengobati infeksi jamur, menambah kekebalan tubuh, mengatasi insomnia, meningkatkan sirkulasi darah dan kesehatan pencernaan.

2. Cengkeh

   Rempah asli Indonesia satu ini memiliki aroma yang sangat unik. Cengkeh sering kali digunakan untuk bumbu pada masakan khas Nusantara.

       Selain sebagai rempah, Cengkeh sendiri dapat digunakan sebagai obat. Karena cengkeh mengandung nutrisi penting bagi tubuh manusia. Kandungan pada cengkeh sendiri mengandung vitamin, mineral dan serat penting bagi tubuh kita.

    Dalam 1 sendok teh, terkandung  karbohidrat, serat, vitamin C, Vitamin K, Vitamin E, magnesium, protein, kalsium, lemak dan kalori.

    Manfaat yang didapat dari cengkeh sendiri dapat menjaga kesehatan tulang, mengurangi asam lambung, mengatur gula darah, meningkatkan kesehatan hati, membunuh bakteri serta melindungi tubuh dari kanker.

3. Kayu Manis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: