Bangga! Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO

Bangga! Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto Jadi Warisan Dunia UNESCO

Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto resmi masuk menjadi warisan dunia oleh UNESCO karena dinilai unggul dalam dua kategori. Yakni Nilai Universal Luar Biasa untuk pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa di jaman penjajahan.--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto, Sumatera Barat masuk dalam warisan dunia UNESCO. Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO secara resmi menyerahkan sertifikat warisan dunia UNESCO kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan tujuh kepala daerah untuk Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto.

BACA JUGA:Beresiko Tinggi! BMKG Ingatkan Ancaman Gelombang Tinggi 4 Meter

Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto resmi masuk menjadi warisan dunia oleh UNESCO karena dinilai unggul dalam dua kategori. Yakni Nilai Universal Luar Biasa untuk pertukaran informasi dan teknologi lokal dengan teknologi Eropa di jaman penjajahan.

BACA JUGA:7 Weton Ini Punya Sumber Kekayaan Tanpa Batas

Nilai kedua adalah contoh luar biasa dari tipe bangunan, karya arsitektur dan kombinasi teknologi atau lanskap yang menggambarkan tahapan penting dalam sejarah manusia.Tujuh daerah terikat dalam warisan budaya Tambang Batu bara Ombilin Sawahlunto, selain kota Sawahlunto juga termasuk Kabupaten Solok, kota Solok, Kabupaten Tanah Datar, kota Padang Panjang, Kabupaten Padang Pariaman dan kota Padang.

 BACA JUGA:Biar Tau! Ini Dia Arti Penggunaan Cincin Disetiap Jari

Penetapan Ombilin Sawahlunto sebagai warisan dunia oleh UNESCO tapi berlanjut kepada membawa wisatawan untuk mensejahterakan masyarakat. Sertifikat asli warisan dunia UNESCO Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto sendiri disimpan oleh Arsip Nasional.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: