Ternyata Ini Fungsi IMEI, IMSI, dan ICCID yang Tertulis di Ponsel dan Jarang Diketahui

Ternyata Ini Fungsi IMEI, IMSI, dan ICCID yang Tertulis di Ponsel dan Jarang Diketahui

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Apa Itu IMSI?

IMSI (International Mobile Subscriber Identity) adalah kode unik untuk masing-masing SIM card yang ada di seluruh dunia. Nomor atau kode IMSI hanya disimpan secara digital oleh operator seluler dengan pertimbangan keamanan.

Pelanggan tidak dapat mengetahui nomor IMSI pada SIM card yang digunakan. IMSI umumnya terdiri dari 15 digit angka dengan tiga digit pertama merupakan kode negara (Mobile Country Code) dan dua atau tiga digit berikutnya merupakan kode operator (Mobile Network Code).

Adapun kode MCC untuk Indonesia adalah 510. Sementara itu, kode MNC untuk operator seluler di Indonesia dapat dilihat dalam daftar berikut:

- Indosat: 1

- AXIS: 8

- Telkomsel: 10

- XL: 11

- IM3: 21

- 3: 89.

Apa Itu ICCID?

ICCID (Integrated Circuit Card Identifier) adalah kode produksi pembuatan SIM card. Berbeda dengan kode IMSI yang datanya hanya diketahui operator, kode ICCID tertulis secara fisik di bagian belakang SIM card yang kamu gunakan. Selain itu, ICCID juga dapat ditemukan melalui menu "Tentang Ponsel" pada pengaturan.

Dikutip dari tulisan berjudul Aplikasi Aritmetika Modular dalam Pemeriksaan Keabsahan ICCID Menggunakan Algoritma Luhn pada Kartu SIM yang dimuat dalam situs Universitas Teknologi Bandung, ICCID memiliki fungsi sebagai identifikasi SIM card dalam skala internasional.

Kode ICCID memuat informasi tentang identitas produsen, tanggal produksi, dan tempat produksi. ICCID digunakan untuk mengidentifikasi kartu SIM. Panjang kode ICCID dapat mencapai 22 digit. Akan tetapi, secara umum panjang ICCID adalah 19-20 digit.

Itulah fungsi dan perbedaan daripada IMEI, IMSI, dan ICCID. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: