Ternyata Ini Fungsi IMEI, IMSI, dan ICCID yang Tertulis di Ponsel dan Jarang Diketahui

Ternyata Ini Fungsi IMEI, IMSI, dan ICCID yang Tertulis di Ponsel dan Jarang Diketahui

-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebanyakan orang tidak terlalu memperhatikan dan sering mengabaikan apa itu IMEI, IMSI dan ICCID.

IMEI, IMSI, dan ICCID merupakan kode unik berbentuk angka dan huruf yang biasanya tertulis pada ponsel. Ketiganya itu memungkinkan gadget yang kalian beli bisa digunakan dengan baik.

Lantas, apa fungsi ketiga nomor atau kode unik tersebut dalam dunia telekomunikasi? Disini akan membahas apa perbedaan antara IMEI, IMSI, dan ICCID. Untuk itu, simak penjelasannya sampai selesai.

Apa itu IMEI?

IMEI (International Mobile Station Equipment Identity) adalah kode unik yang terdapat pada masing-masing device. Tiap HP atau Smartphone memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda satu sama lain.

BACA JUGA:Tak Perlu Hapus Aplikasi Jika Memori Android Anda Penuh, Berikut Caranya

Dilansir dari Buletin Pos dan Telekomunikasi yang dimuat dalam situs resmi Kominfo, setiap ponsel memiliki IMEI sebagai unique identifier atau pembeda antar HP. IMEI terdiri dari 15 digit, yakni 8 digit awal merupakan correspond to the type approval code (TAC) yang menunjukkan model ponsel, 6 digit setelahnya menunjukkan nomor seri, dan 1 digit terakhir merupakan check digit.

Beberapa negara menggunakan IMEI untuk memeriksa keaslian HP. Dalam sebuah kasus pencurian HP, IMEI dapat digunakan untuk memblokir HP yang telah dicuri. Tentunya perlu kerja sama dengan operator seluler yang bersangkutan.

Cara Mengetahui Nomor IMEI

BACA JUGA:Mengunggulkan Desain Layar Lengkung 6,78 Inci, Vivo T2 Pro 5G Segera Meluncur, Segini Harganya

Untuk mengetahui kode IMEI dalam suatu HP, maka berikut ini langkah-langkah yang dapat kamu lakukan.

- Buka menu "Setting" atau "Pengaturan" pada HP.

- Pilih menu "About Phone" atau "Tentang Ponsel"

- Ketuk "Status."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: