Tidak Mau Bungkuk saat Tua? Lakukan Hal Ini Cegah Osteoporosis

Tidak Mau Bungkuk saat Tua? Lakukan Hal Ini Cegah Osteoporosis

Olahraga rutin gak hanya bikin penampilanmu jadi lebih kece, ternyata juga bermanfaat buat tulang--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu penyakit yang mengancam usia senja, adalah osteoporosis. Sebagaimana diketahui osteoporosis merupakan penyakit tulang metabolik yang ditandai dengan hilangnya kepadatan mineral tulang secara progresif. Berkurangnya masa tulang ini mengakibatkan tulang bisa patah atau tubuh jadi bungkuk.

Seperti kita tahu, tulang sangat penting dalam mendukung mobilitas sehari-hari. Berkurangnya fungsi tulang pastinya akan mengurangi kualitas hidup, karena mobilitasmu jadi berkurang.

BACA JUGA:Agar Aktivitas Sehar-hari Menjadi Mudah, Amalkan Doa-doa ini

Nah, supaya hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mencegah osteoporosis. Apa saja itu? 

1. Lakukan olahraga secara teratur

Olahraga rutin gak hanya bikin penampilanmu jadi lebih kece, ternyata juga bermanfaat buat tulang. Sifat tulang, yaitu semakin sering kamu gunakan, maka bisa semakin kuat. Jenis olahraga yang sangat direkomendasikan untuk ketahanan tulang, yaitu latihan beban.

BACA JUGA:Agar Tak Galau Ketika Menghadapi Kesusahan, Amalkan Doa-doa ini

2. Mengonsumsi makanan pencegah osteoporosis

Kamu bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan sumber kalsium dan vitamin D. Dua nutrisi ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang, sehingga dapat mencegah osteoporosis. Diketahui, kalium merupakan bahan penyusun utama tulang, sementara vitamin D berfungsi untuk membantu penyerapan kalsium.

Lalu, jenis makanan apa saja yang dimaksud? Misalnya saja, produk susu, jenis sayuran hijau, ikan berlemak (sarden, makerel, salmon, tuna), atau jenis makanan lain yang sudah diperkaya dengan kalsium dan vitamin D.

BACA JUGA:Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Menjaga Kesehatan Telinga

3. Berhenti merokok

Meski sudah menjaga makan sehat, tapi kalau kamu tetap terbiasa merokok, maka tetap saja efek menyehatkannya jadi kurang efektif. Hal ini disebabkan rokok dapat memengaruhi tingkat penyerapan kalsium. Jadi, kalau mau aman dan tulangmu tetap padat, sebaiknya hindari merokok.

4. Batasi konsumsi kafein

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: