Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Jangan Anggap Sepele! Begini Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Telinga yang basah akan menjadi tempat pertumbuhan kuman maka kita harus senantiasa menjaga telinga agar tetap kering.--

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Telinga adalah salah satu panca indra yang sangat penting bagi kita. Telinga mempunyai fungsi untuk mendengar. Seiring dnegan bertambahnya usia maka fungsi Telinga sebagai alat untuk mendengar juga semakin berkurang.

Maka kita harus selalu menjaga kebersihan dan kesehatan telinga. Untuk itu ada tips menjaga kesehatan telinga yang bisa kita gunakan. Apa saja tips menjaga kesehatan telinga yang bisa kita gunakan? Berikut ini ada 5 tips menjaga kesehatan telinga yang bisa kita gunakan.

BACA JUGA:Doanya Di Ijabah Gusti Ingkang Moho Agung, 5 Weton Rezekinya Berlimpah-limpah

1. Hentikan kebiasaan mengorek telinga.

Ketika kita rasa gatal di telinga mungkin menganggap bahwa telinga banyak kotoran maka kita segera mengorek telinga dengan alat pengorek yang ada. Mungkin ada yang beranggapan bahwa dengan mengorek telinga maka telingan akan menjadi bersih dan lebih sehat padahal dengan mengorek telinga justru akan mendorong telinga semakin ke dalam. Oleh karena itu, kita harus bisa menghentikan kebiasaan mengorek telinga.

BACA JUGA:Teropong Langit Dewa Zeus! 6 Zodiak Ini Kalahkan Pesugihan Dewi Lanjar

2. Menjauhkan telinga dari suara yang terlalu keras.

Fungsi telinga adalah untuk mendengar tapi sudah ada kapasitas untuk mentolerir sejauh mana telinga kita mampu menerima suara. Jika suara yang masuk ke telinga kita sangat keras maka berisiko mampu memecahkan gendang telinga.

3. Hindari penggunaan ear candle.

Ear candle adalah terapi untuk membersihkan telinga yang sempat viral termasuk di Indonesia. Namun, sebagian dokter juga tidak menyarankan penggunaan ear candle karena dikhawatirkan cairan lilin justru akan menyumbat telinga. Maka jika ingin membersihkan telinga sebaiknya periksa ke dokter THT.

BACA JUGA:Ini Dia 3 Cara Tepat Menjaga Hafalan Al-Qur’an

4. Menjaga telinga agar tetap kering.

Telinga yang basah akan menjadi tempat pertumbuhan kuman maka kita harus senantiasa menjaga telinga agar tetap kering.

5. Melakukan pemeriksaan telinga secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: