Hindari Reputasi Buruk Pada BI Checking Saat Menggunakan Paylater, Begini Cara Mengeceknya

Hindari Reputasi Buruk Pada BI Checking Saat Menggunakan Paylater, Begini Cara Mengeceknya

Blaclist BI Checking-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Dikutip dari Validnews.id, Pemulihan Ekonomi dan Tren Belanja Pascapandemi 2023 mencatat penggunaan paylater alias bayar nanti meningkat dan menjadi metode pembayaran harian.

 

Persentase pengguna layanan Paylater dalam e-commerce mengalami peningkatan signifikan, dari 28,2% pada tahun 2022 menjadi 45,9% pada tahun 2023.

 

Artinya penggunanya telah melampaui pemakai kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank. Awalnya layanan ini diinidiasi oleh perusahaan finansial berbasis teknologi atau fintech. Namun, belakangan bank menengah hingga besar juga ikut mencicipi manisnya segmen Paylater ini.

 

Sebut saja bank swasta terbesar di Indonesia, PT Bank Central Asia Tbk. (BBCA) yang tahun lalu mengumumkan akan meluncurkan Paylater BCA. Mengutip situs resmi BCA, layanan tersebut telah hadir di My BCA.

 

Dikutip juga dari CNBC Indonesia, bahwa s elain BCA, PT Bank BPTN Tbk telah merambah bisnis paylater sejak Maret 2023. 

 

Bank menghadirkan layanan tersebut secara mandiri, tanpa berkerja sama dengan perusahaan teknologi berbasis finansial (fintech). Bank BTPN menyediakan plafon maksimal Rp 2,5 juta bagi pengguna Jenius.

 

 

Selain itu, bank digital Allo Bank juga telah mengumumkan layanan paylater dengan plafon hingga Rp 100 juta.  Kemudian  tahun ini, ada dua bank besar yang akan segera meluncurkan fitur paylater, yakni bank pelat merah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) dan PT Bank CIMB Niaga Tbk. (BNGA).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: