Ratusan Personel Polresta Bengkulu Ikuti Simulasi Pengamanan Pemilu

Ratusan Personel Polresta Bengkulu Ikuti Simulasi  Pengamanan Pemilu

Personel Polresta Bengkulu ikuti Simulasi pengamanan Pemilu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM – Ratusan personel Polresta Bengkulu dikerahkan untuk melakukan pengamanan jelang pemilihan umum (pemilu) 2024  mendatang.

Namun sebelum melakukan pengamanan untuk pemilu tersebut, ratusan personel Porlesta Bengkulu melakukan simulasi terlebih dahulu.

Simulasi itu dilakukan di lapangan merdeka Kota Bengkulu dengan sistem pengamanan (Sispam) tempat pemungutan suara (TPS) dan Sispam kota pada Operasi Mantap Brata Nala 2023-2024.

Diungkapkan Kapolresta Bengkulu melalui Kasi Humas Polresta Bengkulu Iptu Endang Sudrajat, simulasi pengamanan ini dilakukan untuk mematangkan kesiapan personel dalam menjalankan tugasnya saat pemilu nanti.

BACA JUGA:Truk Muatan Ratusan Gas Melon Diamankan Polda Bengkulu

"Kegiatan Simulasi Pam dan kawal logistik Pemilu dan pam TPS serta Sispam Kota bertujuan untuk mematangkan kesiapan personel, apabila nantinya ada tindakan anarkis atau konflik sosial yang dapat menimbulkan kerusuhan dalam rangka pengamanan Pemilu Tahun 2024 mendatang," kata Iptu Endang Sudrajat.

Selain simulasi sistem pengamanan, personel Polresta juga melakukan rekayasa pengamanan saat terjadi unjuk rasa.

Sementara itu secara terpisah, jajaran Polda Bengkulu juga rutin melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang nantinya akan digunakan dalam pengamanan pemilu.

Seperti yang dikatakan Kabid Humas Polda Bengkulu Kombes Pol Anuardi, pemeriksaan sapras tersebut dilakukan terhadap puluhan unit kendaraan roda dua yang nantinya akan digunakan untuk mengamankan pemilu, seperti patroli dan sebagainya.

BACA JUGA:Mobil Mewah Hingga Kendaraan Dinas Terkena Razia Tidak Taat Pajak

Selain kendaraan, pemeriksaan juga diarahkan pada sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) yang saat ini telah terpasang di sejumlah ruas jalan di Kota Bengkulu.

"Kita lakukan pemeriksaan terhadap 43 unit kendaraan roda empat dan 38 unit kendaraan  roda yang nantinya akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan tugas pengamanan pemilu. Serta sistem ETLE juga di cek oleh Wakapolda Bengkulu," ujar Kombes Pol Anuardi. 

Kabid Humas Polda Bengkulu melanjutkan, sejauh ini sapras yang dimiliki oleh Polda Bengkulu terbilang baik dan terawat.

Namun pihaknya tetap menghimbau pada seluruh anggota untuk senantiasa menjaga dan merawat sapras tersebut. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: