Menyusuri Goa Dinding Lonceng di Kedurang Bengkulu Selatan, Cocok untuk Kamu yang Suka Bertualang

 Menyusuri Goa Dinding Lonceng di Kedurang Bengkulu Selatan, Cocok untuk Kamu yang Suka Bertualang

Sahabat Alam, Friska Cristien foto di Goa Dinding Lonceng, Goa Suruman, Kecamatan Kedurang. -(foto: re-

BENGKULUEKSPRESS.COM  – Sebagian orang berpikir bahwa goa hanya merupakan lubang di dalam  tanah yang gelap dan menakutkan. Bahkan mungkin menyimpan misteri yang belum terpecahkan di dalamnya sehingga terkadang menakutkan.

Namun, tidak sedikit orang memilih mengisi waktu luang dengan bertulang di goa yang menyimpan segudang misteri dan keindahannya. Salah satu rekomendasi untuk bertulang di goa ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu. 

Saking uniknya goa yang ada di Bengkulu Selatan tersebut, disalah satu dinding goa ada lubang membentuk seperti sebuah lonceng, yang sering disebut juga oleh para pengunjung dengan Nama Goa Dinding Lonceng

Goa yang lebih tepatnya berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang  tersebut sebenarnya bukan bernama Goa Dinding Lonceng. Tetapi goa tersebut dikenal di masyarakat dengan nama Goa Suruman

BACA JUGA:Pesona Bak Blau, Kolam Berwarna Biru dari Pulau Enggano

Keindahan alam di Goa Suruman memang tidak diragukan dan sering membuat pengunjung yang bertualang  di sana selalu berdecak kagum akan suguhan pemandangan alam yang indah. Bahkan terbentuknya bentuk lonceng tersebut secara alami yang diperkirakan telah terjadi sejak ratusan tahun lalu dan berasal dari tetesan air hujan atau akar pohon yang menyimpan air. 

Khususnya, untuk didinding lonceng yang ada di area Gua Suruman tersebut menjadi salah satu spot foto terbaik yang ada di sana. Dinding Lonceng yang lubangnya memiliki diameter mencapai 2 meter tersebut akan sangat menarik jika diambil fotonya dari sudut yang pas, seperti yang dilakukan oleh salah seorang sahabat alam, yaitu Friska Cristien. Ia mengambil foto di dalam perut Gua Suruman yang kedalamannya mencapai seratus meter dari pintu masuk goa. 

Foto yang berada tepat di bawah didinding lonceng tersebut sangat menerik dilihat dan banyak pengunjung yang lain datang hanya ingin mencoba berfoto di dinding lonceng tersebut.

BACA JUGA:Nikmati Pesona Lubuk Batu Kambing di Bengkulu Tengah, Air Jernih dan Suasana yang Asri 

“Saya waktu itu bertulang dipandu oleh Guide wisata lokal dari Kedurang, yaitu Tim Penjelajah Goa Gunung Hutan Desa atau yang lebih sering dikenal dengan Penggunde. Mereka (Penggunde, red) menemani saya bertualang dan mengambil foto. Gua Suruman memang Indah dan spot fotonya juga luar biasa keren,” ungkap Frisca yang sering disapa Cece.

Sementara itu, Ketua Penggunde, Febri menyampaikan selalu siap jika ada pengunjung yang ingin datang ke Kedurang dan ingin didampingi untuk bertulang di Goa Suruman. 

“Kita Penggunde siap untuk mendampingi wisatawan yang ingin mencoba bertualang dialam bebas di Goa Suruman. Namun, lebih bagusnya bisa dapat menghubungi kami terlebih dahulu melalui Facebook atau Instagram Penggunde. Sebab, kita harus melihat cuaca dan waktunya yang tepat, serta membutuhkan persiapan yang matang untuk menyusuri kedalaman goa,”  terang Febri.

Untuk diketahui bagi pengunjung dari Kota Bengkulu untuk menuju ke Goa Dinding Lonceng atau Goa Suruman yang berada di Desa Batu Ampar, Kecamatan Kedurang  membutuhkan waktu jarak tempuh selama 3 jam. Namun, jika dari Kota Manna, Bengkulu Selatan hanya membutuhkan perjalanan 45 menit untuk menuju ke Desa Batu Ampar dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki dengan waktu tempuh setengah jam menuju pintu masuk goa. (117)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: