Ini Dia Makna dan Filosofi Blangkon Khas Jawa

Ini Dia Makna dan Filosofi Blangkon Khas Jawa

filosofi dari blangkon itu sendiri, orang Jawa juga tetap harus tahu jati dirinya (jangan sampai Wong Jawa kari separo, ilang Jawane) dimanapun mereka berada. --

BENGKULUEKSPRESS.COM -  Makna dan filosofi dari blangkon khas Jawa adalah ungkapan perasaan dan harapan dengan simbol-simbol unik dan artistik. Simbol unik yang terdapat pada blangkon khas Jawa, sebenarnya mengandung filosfi dan ajaran yang patut dijadikan pedoman dan teladan. Beberapa bagian dari blangkon khas Jawa mempunyai istilah yang sebenarnya memiliki makna yang melambangkan filosofi sang pencetus.

BACA JUGA:Inilah Varian Model Knalpot RX King yang Hits di Pasaran!

Sebagaimana filosofi dari blangkon itu sendiri, orang Jawa juga tetap harus tahu jati dirinya (jangan sampai Wong Jawa kari separo, ilang Jawane) dimanapun mereka berada. Meski secara konsep kita juga harus tetap menjunjung budaya dan adat istiadat di tempat kita sebagaimana pepatah dimana bumi dipijak disitu langit di junjung.

Jati diri tetap harus ada dan dimiliki oleh siapapun karena pada prinsipnya semua suku, agama, ras dan kepercayaan tetap membawa pesan yang baik dan positif untuk menjadi pedoman dan panduan agar hidup kita lebih baik.

BACA JUGA:Ini Dia Keungulan Aki Mobil Hybrid dan Tips Perawatannya

Beberapa istilah yang terkandung dalam blangkon yang merupakan filosofi blangkon itu sendiri adalah:

1. Wiron/wiru yang berjumlah tujuh belas lipatan yang melambangkan jumlah rakaat sholat dalam satu hari.

2. Mondolan mempunyai makna kebulatan tekad seorang pria dalam melaksanakan tugasnya walaupun tugas yang diberikan sangat berat.

3. Cetetan mempunyai makna permohonan pertolongan kepada Allah SWT.

BACA JUGA:Weton Ini Berlimpah Rezeki, Dianugerahi Keberuntungan dan Kesuksesan Menghampiri

4. Kemadha bermakna menyamakan anak didik atau menganggap sama seperti putra sendiri.

5. Tanjungan mempunyai makna kebagusan, artinya supaya terlihat lebih tampan sehingga disanjung-sanjung dan dipuja. Semoga bermanfaat.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: