Wifi Bocor Bisa Berbahaya, Begini Cara Mencegah dan Melindunginya

Wifi Bocor Bisa Berbahaya, Begini Cara Mencegah dan Melindunginya

Mengutip keterangan perusahaan keamanan siber Kaspersky dan dari beberapa sumber, berikut cara agar WiFi tak bocor:-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebocoran akses WiFi tentu sangat merugikan pemilik jaringan dan menimbulkan masalah, seperti koneksi internet melambat, alamat IP masuk dalam daftar blokir, dan kemungkinan diblokir oleh penyedia layanan internet atau bahkan pihak berwenang.

Sementara, jika perangkat pintar terhubung ke jaringan WiFi di tempat kerja, peretas dapat menggunakan koneksi Wi-Fi itu untuk menyerang perusahaan, seperti mencuri data atau serangan ransomware.

Kebocoran akses ke jaringan WiFi dapat menjadi berbahaya. Salah satu efeknya adalah pencuran foto dan dokumen dari perangkat yang ikut terkoneksi. Situasi itu bisa menjadi lebih serius apabila jaringan WiFi disusupi aktivitas ilegal, seperti spamming atau serangan DDoS. 

Hal ini bisa dimanfaatkan para penjahat siber untuk meretas ke perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi lalu menggunakannya sebagai server proxy.

BACA JUGA:Begini Tips Jitu Jika SIM Card Tidak Terbaca Perangkat Smartphone!

Oleh karena itu, pengguna perlu mengetahui cara mengantisipasi hal tersebut dan melindungi agar tidak terjadi kebocoran Wi-Fi.

Mengutip keterangan perusahaan keamanan siber Kaspersky dan dari beberapa sumber, berikut cara agar WiFi tak bocor:

Setel ulang dan hapus

Langkah keamanan yang paling jelas adalah menghapus pengaturan dari semua perangkat lama sebelum mengganti dengan perangkat baru. 

Untuk laptop dan komputer, disarankan untuk format drive secara fisik; untuk peralatan lain, disarankan reset pabrik penuh dengan menghapus semua data.

Setelah itu, periksa pengaturan jaringan guna memastikan koneksi WiFi sudah benar-benar hilang.

BACA JUGA:HP Connecting ke Set Top Box, Apakah Bisa ? Begini Caranya

Ubah pengaturan WiFi

Setelah mengganti perangkat baru, ubah kata sandi jaringan WiFi dan perbarui pengaturan di semua perangkat yang lain. Selalu gunakan kata sandi yang kuat dan panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: