Begini Tips Jitu Jika SIM Card Tidak Terbaca Perangkat Smartphone!

Begini Tips Jitu Jika SIM Card Tidak Terbaca Perangkat Smartphone!

Ketika menggunakan suatu SIM Card pastikan untuk meregistrasi kartu tersebut dengan mendaftarkan identitas diri dan pastikan proses registrasi berhasil--

BENGKULUEKSPRESS.COM - SIM Card memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan perangkat seluler yang kita miliki akan terus terhubung dengan jaringan. Dimana, SIM Card merupakan gerbang utama yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan komunikasi atau pencarian informasi baik menggunakan atau tidak menggunakan internet.

BACA JUGA:Rezeki Tambahan Belanja Rp100.000: Link Dana Kaget Hari Ini 14 Agustus 2023

Namun terkadang dalam penggunaannya, SIM Card mengalami kendala seperti tidak dapat terbaca oleh perangkat yang digunakan. Hal ini tentunya akan menganggu aktivitas komunikasi atau pencarian informasi yang dilakukan melalui perangkat. Ketika SIM Card tidak dapat terbaca oleh perangkat, ini beberapa cara yang pengguna dapat lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut.  

Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Dapat Terbaca oleh Perangkat

1. Melakukan Reboot Perangkat

Jika pengguna menggunakan perangkat Android, maka cara yang satu ini bisa dilakukan. Karena pada dasarnya sistem dalam perangkat Android memang dirancang untuk dapat memperbaiki atau mengatasi permasalahan perangkat lunak yang terjadi ketika melakukan booting.

Pengguna hanya perlu menekan tombol Power dan Volume secara bersamaan.

Selanjutnya akan muncul pilihan Reboot. 

Perangkat akan bekerja dalam melakukan booting dalam keadaan layar yang mati. 

Pengguna hanya perlu menunggu proses booting selesai.

Selanjutnya periksa kembali apakah SIM Card sudah terbaca atau belum. 

BACA JUGA:Kode Transfer BRI ke Danamon, Cara Mudah Transaksinya Via BRImo dan ATM

2. Mematikan Perangkat

Jika dengan melakukan reboot atau restart SIM Card masih belum dapat terbaca oleh perangkat, maka pengguna dapat mencoba untuk mematikan perangkat yang dimiliki. Pengguna cukup mematikan perangkat dan menunggu selama beberapa detik hingga menit, lalu menyalakannya kembali dan memeriksa apakah SIM Card sudah kembali terbaca. Cara ini dilakkukan karena terkadang permasalahan ini muncul dikarenakan terjadinya gangguan pada jaringan SIM Card. Mematikan Perangkat dapat membantu perangkat untuk memulai ulang semua koneksi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: