Ini Dia Hal-hal yang Perlu Dipikirkan oleh Mahasiswa untuk Magang di Perusahaan

Ini Dia Hal-hal yang Perlu Dipikirkan oleh Mahasiswa untuk Magang di Perusahaan

Pastikan tempat magang tersebut sejalan dengan minat dan nilai-nilai pribadi kamu.--

Perusahaan besar dan kecil memiliki dinamika yang berbeda. Perusahaan besar mungkin menawarkan kesempatan untuk belajar dari berbagai departemen, sementara perusahaan kecil dapat memberikan pengalaman yang lebih terpersonal. Sesuaikan pilihan kamu dengan preferensi dan kebutuhan kamu.

Untuk perusahaan besar, mereka akan mengarahkanmu untuk belajar lebih detail mereka tugas dan tanggung jawab di suatu departemen sehingga kamu bisa mengambil peran yang baik di sana. Kamu juga bisa mendapatkan rotasi posisi di sana. Berbeda dengan perusahaan yang kecil, kamu akan diminta lebih lama untuk menekuni suatu bidang yang telah kamu pilih dan mungkin kamu akan mendapat spesialisasi pada bidang itu.

BACA JUGA:Bupati Seluma Ikut Dipanggil Atas Kasus Dugaan Korupsi BTT di BPBD Seluma

Tinjau program dan sistem magang yang ditawarkan

Periksa rincian program magang yang ditawarkan oleh perusahaan atau organisasi. Pastikan bahwa program tersebut menyediakan kesempatan belajar dan pengembangan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu. Sistem yang mereka gunakan juga perlu kamu ketahui.

Setiap perusahaan memiliki variasi yang berbeda. Ada yang paket lengkap seperti diikutsertakan dalam project internal mereka, diberikan mentoring rutin, diberikan konseling, diberikan gaji, diberikan fasilitas yang lengkap, diberikan wadah untuk mengikuti dan mengisi seminar, diberikan sertifikat dan golden ticket. Namun, perlu diketahui tidak semua perusahaan bisa menyediakan itu semua. Karena sumber daya perusahaan berbeda-beda dan itu mempengaruhi program dan sistem yang mereka buat.

BACA JUGA:Gillaa! Xiaomi Luncurkan TV S Pro 100, Smart TV Dengan Ukuran 100 Inch

Inisiatif dalam bertanya mengenai project yang dikerjakan

Ketahui tanggung jawab yang akan kamu pegang selama magang dan proyek-proyek yang akan kamu kerjakan. Pastikan bahwa tugas-tugas tersebut menawarkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan menambah pengetahuan kamu di bidang yang relevan. Itu akan membuatmu tahu lebih banyak seluk beluk pekerjaan yang mereka miliki.

Semakin bagus kamu menguasai pekerjaan itu, semakin kuat juga peluangmu mendapatkan golden ticket. Tidak semua anak magang bisa mendapatkan golden ticket karena itu privilege untuk anak magang yang menunjukkan performa luar biasa.

BACA JUGA:Dibalik Panen Peruntungan, Ternyata Shio Kelinci Air Perlu Waspada Keselamatan Jiwa

Pahami hak yang dimiliki mahasiswa di tempat magang

Pastikan perusahaan tersebut menyediakan lingkungan yang aman dan mematuhi peraturan terkait hak-hak mahasiswa, seperti jam kerja yang wajar dan kesempatan untuk mendapatkan pembimbing yang kompeten. Hak kamu sebagai mahasiswa yang magang adalah tameng yang bisa melindungimu dari tindakan perusahaan yang melanggar aturan program magang.

Jadi, baca dan pahami dengan teliti mengenai komitment magang di awal supaya kamu tidak sengsara di pertengahan jalan. Dengan kata lain, kamu mendapat sedikit pelajaran mengenai birokrasi dan hukum yang berlaku di dunia korporat. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan itu.

BACA JUGA:Ingin Kaya Raya dan Rezeki Mengalir Deras! Coba Amalkan Sholawat Pohon Uang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: