Ini Dia Hal-hal yang Perlu Dipikirkan oleh Mahasiswa untuk Magang di Perusahaan

Ini Dia Hal-hal yang Perlu Dipikirkan oleh Mahasiswa untuk Magang di Perusahaan

Pastikan tempat magang tersebut sejalan dengan minat dan nilai-nilai pribadi kamu.--

BENGKULUEKSPRESSCOM - Magang adalah salah satu cara bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensinya. Pengetahuan dan pengalaman yang telah diasah di internal kampus seperti organisasi kemahasiswaan, LKM, project bersama pihak Prodi, Fakultas atau pun Universitas menjadi batu loncatan untuk berkembang ke ranah eksternal.

BACA JUGA:Acer Perkenalkan Swift Go 14 OLED Special Edition dan Uji Laptop Tahan Banting Pada Gelaran Acer Day 2023

Perusahaan yang membuka lowongan magang juga perlu bibit SDM unggul untuk bisa diajarin dan ditempa lebih mudah untuk kebutuhan sumber daya Perusahaan mereka. Mahasiswa mendapatkan kesempatan bagus dalam magang karena bisa mendapatkan orientasi dunia kerja dan mengenali budaya Perusahaan.

Namun, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh mahasiswa sebelum memilih tempat untuk magang. Sama halnya seperti kuliah memilih tempat belajar. Perlu ada pertimbangan matang dan tidak boleh sembarangan karena itu berpengaruh terhadap hasil akhir. Mari simak pembahasannya.

BACA JUGA:WhatsApp Sedang Bersiap Luncurkan Fitur Voice Chat, Bisa Diikuti Maksimal 32 Anggota Grup

Tentukan tujuan magangmu

Tentukan tujuan kamu untuk melakukan magang. Apakah kamu ingin mendapatkan pengalaman di industri tertentu, memperluas jaringan profesional, atau mengasah keterampilan tertentu? Itu harus dijadikan fokus utama untuk mencari tempat magang karena setiap perusahaan memiliki karakternya masing-masing.

Karaktermu harus disesuaikan dengan karakter mereka. Mendalami suatu bidang industri adalah satu hal umum. Namun, memperluas jaringan profesional adalah bonus yang bisa didapatkan. Jika kamu ingin mengasah keterampilan pada industri kuliner, maka pertajam pengetahuanmu pada bidang kesehatan serta cari perusahaan yang menghasilkan produk pada bidang itu.

BACA JUGA:Usai Pengedar Narkoba Ditangkap, Polda Bengkulu Tangkap 2 Pengguna, 1 Diantaranya Residivis

Pelajari semua hal tentang perusahaan tempat magang yang diincar

Lakukan riset mendalam tentang perusahaan yang kamu pertimbangkan untuk magang. Ketahui misi, visi, nilai-nilai, produk, atau layanan yang mereka tawarkan. Pastikan tempat magang tersebut sejalan dengan minat dan nilai-nilai pribadi kamu.

Karena jika ada yang tidak sesuai denganmu, hasilnya tidak akan berjalan dengan baik karena kamu tidak akan merasa nyaman akan ketidaksesuaian mengenai profil perusahaan. Dalam proses rekrutmen juga kamu perlu tahu nilai, produk serta track record yang dimiliki perusahaan agar kamu diterima. Karena pihak HRD pun perlu tahu bahwa anak magangnya siap untuk ditempa lebih jauh.

BACA JUGA:Nyamar Jadi Pembeli, Reserse Narkoba Polda Bengkulu Bekuk Pengedar 

Memahami ukuran perusahaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: