Wow! Produk UMKM Bengkulu Diminati Artis Hingga Kalangan Menteri

Wow! Produk UMKM Bengkulu Diminati Artis Hingga  Kalangan Menteri

Menteri Keuangan RI , Sri Mulyani saat membeli produk batik khas Bengkulu-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bank Indonesia turut berperan aktif dalam pengembangan UMKM untuk mewujudkan UMKM yang produktif, inovatif, dan adaptif untuk mendukung kebijakan utama Bank Indonesia.

Pengembangan UMKM tersebut senantiasa mengedepankan semangat sinergi dan kolaborasi dengan Kementerian/Lembaga, Asosiasi, dan Industri.

Disampaikan Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia memegang peranan penting sebagai tulang punggung perekonomian nasional. 

Melalui Karya Kreatif Indonesia (KKI), yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia  di Jakarta dengan tema "Badarau Nusantara" diharapkan dapat  mendorong secara kontinu agar UMKM yang ada semakin berinovasi serta  meningkatkan kualitas produk sesuai selera pasar, dengan berorientasikan ekspor, dan memanfaatkan platform digital untuk memperluas akses pasar internasional.

BACA JUGA:Begini Cara Mudah Bayar Shopee Via BRI Mobile Banking, ATM, Hingga Internet Banking

"Event KKI ini memilki peran penting sebagai panggung bersama untuk mendorong sinergi dan kolaborasi di antara

stakeholders dan UMKM Indonesia, serta sebagai sarana untuk memperkenalkan inisiatif, tren, dan teknologi baru untuk mendorong UMKM Indonesia naik kelas," kata Darjana, Selasa (2/8/2023).

KPw BI Bengkulu sebagai salah satu partisipan pameran KKI  mengirimkan UMKM yang telah lolos kurasi di bidang wastra/kain yaitu Batik Swarnabumei yang turut didampingi oleh Batik Oase Gallery dan Atik Batik.

Melalui Batik Bengkulu ini sambung Darjana, dapat memperkenalkan dan mempromosikan wastra khas Bengkulu, ke kancah Nasional hingga Internasional. 

Selain itu, KPw BI Provinsi Bengkulu juga memamerkan produk unggulan UMKM kain dan kerajinan lainnya seperti Diwo Batik, Kito Scarf, dan Kerajinan Kulit Lantung Fajar Wonk. 

BACA JUGA:Daftar Kode Bank BUMN dan Swasta hingga Bank Daerah Terlengkap 2023

Pada booth cemilan nusantara, juga terdapat UMKM makanan minuman Bengkulu yang lolos kurasi yaitu Kalamansi Putri Bengkulu.

"Antusiasme pengunjung pada booth wastra dan kerajinan Bengkulu cukup tinggi karena keunikan dan inovasi jenis produk. Ragam produk ditawarkan oleh UMKM diantaranya," ucap Darjana.

Masih kata Kepala Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, produk-produk tersebut sangat diminati oleh berbagai kalangan di ibukota, dari selebriti hingga Menkeu Sri Mulyani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: