Mahasiswa KKN Unib Kolabarasi dengan Perangkat Desa Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Pulau Enggano

Mahasiswa KKN Unib Kolabarasi dengan Perangkat Desa Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis di Pulau Enggano

Pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat Pulau Enggano Hanh dilakukan mahasiswa KKN-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Menjalani kehidupan yang sehat adalah hak bagi seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali masyarakat yang berada di pulau terluar di Provinsi Bengkulu, Pulau Enggano.

Untuk pemenuhan hak tersebut, perangkat desa berkolaborasi dengan para mahasiswa yang tengah melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Bengkulu (Unib) di Pulau Enggano, tepatnya di Desa Apoho, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

Kordinator Kelompok KKN Kolaborasi, Bima Satrio mengungkapkan, pemeriksaan kesehatan gratis ini merupakan salah satu program kerja dari KKN di Pulau Enggano dalam Bidang Kesehatan. 

Tujuan kegiatan ini sendiri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. 

Pemeriksaan kesehatan ini meliputi, pengecekan tekanan darah (tensi darah) dan pengecekan gula darah. 

BACA JUGA:Sambut Kedatangan Jokowi, Warga Pasang Spanduk Penolakan PT BRS, Sayangnya Dirusak OTD

"Dengan adanya kegiatan pemeriksaan ini warga menjadi semakin sadar akan pentingnya menjaga dan mengetahui kondisi kesehatan diri sendiri," kata Bima, Minggu (23/7/2023).

Sementara itu Kepala Desa Apoho, Reddy Heloman memberikan respon yang positif atas kegiatan yang dilakukan para mahasiswa KKN di Desa Apoho, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara ini.

"Kita mendukung penuh seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Apoho ini, salah satunya pengecekan kesehatan secara gratis. Dimana kegiatan ini sangat membantu, dikarenakan masih banyak warga yang tidak melakukan pengecekkan kesehatan pada diri sendiri,” pungkas Kepala Desa.

Adapun dari pengecekan kesehatan yang dilakukan ini, tidak ada penyakit yang serius ditemukan pada masyarakat desa tersebut. Sedangkan untuk hasil  tekanan darah dan juga gulah darah warga Desa Apoho berada pada rata rata normal.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: