Sampaikah Pahala Sedekah Diniatkan untuk Orang yang Meninggal Dunia, Berikut Penjelaskan Ustadz Abdul Somad

Sampaikah Pahala Sedekah Diniatkan untuk Orang yang Meninggal Dunia, Berikut Penjelaskan Ustadz Abdul Somad

ustadz abdul somad--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ustadz Abdul Somad dalam sebuat ceramahnya pernah menjelaskan tentang hukum sedekah yang pahalnya diniatkan untuk orang tua yang sudha meninggal.

Menurut Ustadz Abdul Somad, bersedekah dengan niat pahalanya untuk orang tua yang sudah meninggal hukumnya boleh. Hal tersebut sesuai denga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Dimana menurut Ustadz Abdul Somad, pahala sedekah yang diniatkan untuk orang tua yang telah meninggal akan sampai.

BACA JUGA:Ingin Semua Hajat Terwujud Termasuk Rezeki, Ustadz Abdul Somad Sarankan Berdoa di 2 Waktu ini

BACA JUGA:Yang Buat Miskin dan Seret Rezeki, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Penyebabnya

Dijelaskan Ustadz Abdul Somad, seseorang yang bersedekah dan pahalanya dihadiahkan untuk orag tua yang sudah meninggal bisa dilakukan dan hukumnya mubah.

Penjelasan Ustadz Abdul Somad tentang hukum bersedekah yang hadiahnya diberikan kepada orang tua yang sudah meninggal tersebut diunggah kanal Youtube Tanya Ustadz Abdul Somad.

"Pahalanya akan sampai kepada ayah atau ibu yang diniatkan, sebagaimana hadits Bukhari yang menyebutkan pahala sampai untuk orang yang dihadiahkan," terang Ustadz Abdul Somad.

Hal tersebut dikatakan Ustadz Abdul Somad sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang berbunyi:

Dari ‘Aisyah rodhiallahu ‘anha, bahwa ada seorang lelaki yang berkata kepada Nabi SAW.

"Ibuku mati mendadak, sementara beliau belum berwasiat. Saya yakin, andaikan beliau sempat berbicara, beliau akan ber sedekah. Apakah beliau akan mendapat aliran pahala, jika saya ber sedekah atas nama beliau?” Nabi shollallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya. Ber sedekahlah atas nama ibumu." (HR Bukhari dan Muslim).

"Itu dalil sedekah boleh untuk orang yang sudah wafat, apa sedekah yang paling afdhol? Nabi bersabda memberi air minum," kata Ustadz Abdul Somad.

Kemudian Ustadz Abdul Somad menjelaskan, di daerah Arab Saudi tepatnya di Mekkah. Dimana di gang-gang kecil di kota Mekkah banyak ditemukan freezer yang berisi air minum, sama halnya dengan di mesir juga banyak ditemukan orang-orang yang bersedekah air minum.

BACA JUGA:Dapat Oleh-oleh Air Zamzam, Jangan Langsung Minum, Ustadz Abdul Somad Ajarkan Cara dan Doanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: