Motor Unik TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart Desainnya Belum Ada di Indonesia, Rp Dijual 14 Jutaan

Motor Unik TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart Desainnya Belum Ada di Indonesia, Rp Dijual 14 Jutaan

Motor Unik TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Motor bebek TVS XL 100 Heavy Duty i-Touchstart yang meluncur beberapa waktu lalu di Indonesia punya tampilan unik.

Tidak seperti kebanyakan bebek lainnya yang punya desain cenderung sporty, motor asal India ini lebih mengedepankan sisi fungsional.

Salah satu yang paling kelihatan adalah bentuk sasisnya yang mirip huruf "U", menjadikannya bisa dipakai untuk angkut barang di bagian dek tengahnya.

Motor bebek unik tersebut juga dilengkapi suspensi depan teleskopik panjang layaknya motor dual-purpose, sementara di belakang menggunakan suspensi ganda.

Fitur andalan lainnya ada sistem jok belakang yang dapat dilepas, maka akan menyisakan rak yang juga dapat digunakan untuk mengangkut barang.

BACA JUGA:Motor Bebek Jadul Menolak Punah, Honda Dream 125 Tampil Otentik Mirip Honda Kirana dan Lebih Segar

BACA JUGA:Viral Penampakan Voge Valico 300 Rally, Tak Kalah Gagah Harga Lebih Murah dari Honda CRF250 Rally

Selain punya desain dan fungsi yang beda dari motor bebek kebanyakan, mesin dan transmisi yang dipakai juga tergolong unik.

TVS XL 100 dibekali mesin silinder tunggal berkubikasi 99,7 cc 4 tak bertenaga 4,3 dk di 6.000 rpm dengan torsi 6,5 Nm di 3.500 rpm.

Tenaga dan torsinya tersebut disalurkan ke roda belakang dengan rantai seperti motor bebek konvensional, namun transmisinya cuma satu percepatan alias single speed.

Meski tenaga dan torsinya tergolong kecil, untuk konsumsi bahan bakarnya termasuk irit. Berdasarkan hasil tes tim OTOMOTIF TV, efisiensi BBM-nya berada di angka 57 km/liter.

Selain irit, mesinnya juga dibekali teknologi starter generator yang terintegrasi (ISG), demi proses starter yang halus.

Teknologi tersebut mirip dengan sistem starter matik pabrikan Jepang seperti ACG di Honda atau SMG di Yamaha.

BACA JUGA:Honda CRF Baru Pakai Mesin Bebek Injeksi, Harganya Lebih Mahal dari PCX

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: