Kabar Gembira, Dibuka Beasiswa Santri 2023, Ini Jadwal dan Persyaratan Lengkapnya!

Kabar Gembira, Dibuka Beasiswa Santri 2023, Ini Jadwal dan Persyaratan Lengkapnya!

Ada 1.000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2).--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2023 dibuka. Periode pendaftaran secara daring atau Online ini berlangsung selama sebelas hari mulai 3 - 13 Juli 2023.

"Alhamdulillah, sebagaimana direncanakan, mulai hari ini pendaftaran PBSB secara online telah kami buka. Kami undang para santri untuk mendaftarkan diri dengan melengkapi persyaratan yang sudah ditentukan,” terang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kemenag, Waryono Abdul Ghofur, di Jakarta. 

BACA JUGA: Ingin Semua Utangmu Lunas dan Banyak Rezeki? Segera Lakukan Amalan Ini

Dikatakan Waryono, banyak peluang bagi santri untuk mendapatkan beasiswa. Tahun ini, PBSB dibuka pada pilihan 23 perguruan tinggi mitra dan 85 program studi melalui skema pemanfaatan Dana Abadi Pesantren (DAP).

Ada 1.000 kuota beasiswa bagi santri yang akan melanjutkan studi ke jenjang Strata satu (S1) dan Strata dua (S2). Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan melalui aplikasi Pusaka Kementerian Agama atau melalui laman https://beasiswa.kemenag.go.id/pendaftaranpbsb/.

Pilihan prodi yang dapat dipilih oleh santri di antaranya mulai dari Keagamaan, Manajemen, Pendidikan, Sains dan Teknologi, Kedokteran, Kesehatan, Ekonomi, dan Sosial Humaniora. "Penting untuk diingat bahwa pendaftar hanya diperkenankan memilih satu prodi saja saat mendaftar PBSB 2023," tegasnya dikutip dari laman Kemenag.

BACA JUGA:Pengen Gelar Acara Pernikahan Berkesan Tapi Budged Minim? Ini 10 Cara Menghemat Biaya Pernikahan

PBSB 2023 merupakan program kolaborasi Kementerian Agama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan. Kolaborasi ini berupa pengelolaan dan pendanaan beasiswa gelar yang bersumber dari Dana Abadi Pesantren (DAP) bagi santri lulusan Pondok Pesantren, Dayah, Surau, Meunasah, atau sebutan lain yang setara.

"PBSB ini dirancang untuk memberikan peluang yang lebih luas bagi lulusan satuan pendidikan yang terintegrasi dengan pesantren, dalam rangka mengembangkan minat bakat dan penguasaan disiplin keilmuan serta dalam rangka pengabdian kepada Pesantren," terangnya Berikut jadwal dan persyaratan Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2023:

BACA JUGA:Pinjaman Usaha Mikro Investree Untuk UMKM Limit Hingga Rp 2 Miliar, Bangun Bisnis Sederhana Jadi Luar Biasa

Jadwal Pelaksanaan 

1. Periode Pendaftaran PBSB Online: 3 – 13 Juli 2023

2.  Seleksi Tahap 1 (Seleksi Administrasi): 3 – 15 Juli 2023 

3. Pengumuman Kelayakan Mengikuti Seleksi Tahap 2 (Tes Berbasis Elektronik): 17 Juli 2023 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: