Jangan Asal Klik, Marak Penipuan Akses Link Berujung Kuras Saldo, Ini 5 Tips Jaga Keamanan

Jangan Asal Klik, Marak Penipuan Akses Link Berujung Kuras Saldo, Ini 5 Tips Jaga Keamanan

IST/BE 5 tips aman perbankan agar terhindar dari penipuan--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Modus penipuan dengan mencuri data diri dan mengurus abis saldo rekening, sedang mengintai masyarakat. Para pelaku memanfaatkan kelengahan masyarakat dalam menjaga data pribadi.

BACA JUGA:Marak Upaya Penipuan Perbankan, BRI Imbau Masyarakat Jaga Kerahasiaan Data & Password

Bisanya pelaku mengirim link atau mengirimkan file ekstensi APK. Jika link tersebut diklik bisa mencuri data diri kamu dan bisa mengakibatkan rekening ludes.

Agar rekeningmu tetap aman dan terhindar dari pembobolan, simak tipsnya yang dilansir dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK);

1. Aktifkan fitur notifikasi SMS transaksi. Jika ada transaksi di rekening Anda baik dana masuk atau keluar, maka Bank akan mengirimkan SMS pemberitahuan ke nomor telepon yang terdaftar di rekening tersebut.

2. Cek histori rekening atau saldo secara berkala. Anda dapat melakukan ini dengan mudah, kapan saja dan gratis melalui aplikasi mobile banking atau internet banking Bank tersebut.

BACA JUGA:BRI Imbau Nasabah Waspada Social Engineering, Modus Penipuan Baru Klik Link Undangan Nikah Saldo Bisa Terkuras

3. Untuk menjaga keananan data, amankan perangkat Anda dengan mengaktifkan fitur verifikasi dua langkah seperti menggunakan pindai sidik jari atau wajah.

4. Gunakan jaringan internet pribadi dan hindari menggunakan WiFi pubrik atau free WiFi, untuk melakukan transaksi perbankan.

5. Jaga data pribadi Anda. Jangan pernah memberitahukan User ID, password, kode OTP, PIN rekening atau nama Ibu kandung ke siapa pun, termasuk pihak Bank. Ubah password secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: