Kalau Daftar Haji Sekarang, Kapan Berangkatnya? Lihat Antreannya, Ini Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji

Kalau Daftar Haji Sekarang, Kapan Berangkatnya? Lihat Antreannya, Ini Cara Cek Estimasi Keberangkatan Haji

Calon jemaah haji Indonesia harus bersabar menunggu antrean haji hingga puluhan tahun. -(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Calon jemaah haji Indonesia harus bersabar menunggu antrean haji hingga puluhan tahun. 

Hal ini dikarenakan Indonesia termasuk negara dengan pemeluk agama Islam terbesar serta minat masyarakat yang tinggi untuk beribadah haji.

Ibadah haji hanya dapat dilakukan satu tahun sekali pada waktu yang khusus. Sementara itu, pendaftar haji reguler terus bertambah setiap tahunnya sehingga daftar antrean keberangkatan pun semakin panjang.

Daftar tunggu haji Indonesia memiliki rentang waktu yang berbeda-beda. Setiap daerah lokasi memiliki jumlah antrean yang berbeda.

Berdasarkan data estimasi waiting list jemaah haji dari situs haji.kemenag.go.id, diakses pada Rabu (21/6/2023), daerah dengan daftar tunggu paling singkat saat ini yaitu Kabupaten Maluku Barat Daya dengan masa tunggu 11 tahun.

BACA JUGA:Lagi Jemaah Haji Bengkulu Utara Meninggal Dunia, Sempat Nyasar di Tanah Suci

BACA JUGA:Oknum Warga Rejang Lebong Diduga Kerap Pesta Narkoba di Bawah Tanah

Sedangkan masa tunggu haji paling lama berada di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan, dengan masa tunggu selama 47 tahun. 

Calon jemaah yang daftar haji sekarang, akan masuk ke dalam daftar tunggu terlebih dahulu hingga masa keberangkatannya tiba.

Calon jemaah haji akan mendapatkan nomor porsi keberangkatan yang dapat digunakan untuk melihat perkiraan waktu keberangkatan.

Cara Cek Nomor Porsi untuk Melihat Estimasi Keberangkatan Haji

Melansir dari arsip detikHikmah, layanan cek nomor porsi haji untuk melihat estimasi keberangkatan dapat diakses melalui situs Kemenag dengan cara berikut:

1. Buka situs https://haji.kemenag.go.id/v4/

2. Gulir ke bawah sampai pada menu halaman 'Perkiraan Berangkat'.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: