Ini 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis

Ini 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis

15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BACA JUGA:Ini Dia Tips Memasak Daging Kambing Agar Tidak Prengus

BACA JUGA:Tips Ini Mungkin Bisa Membantu Anda Memilih HP Harga 3 Jutaan

5. Pastikan untuk Memilih Warna yang Tepat

Salah satu komponen penting yang menunjang pembentukan desain rumah minimalis yaitu warna. Saya tidak membatasi sobat dalam memilih warna, tapi pastikan bahwa rumah tersebut tidak dicampur oleh banyak warna, apalagi warna yang terlalu mencolok, seperti merah dan warna yang terlalu gelap, seperti hitam.

Akan lebih baik jika sobat menggunakan warna yang adem, lembut, dan tidak membuat mata lelah, seperti abu-abu, biru muda, dan sejenisnya. Namun, tidak ada masalah jika dikombinasikan, seperti kombinasi warna dinding dan furnitur yang saling melengkapi. Yang terpenting, jangan sampai warna tersebut menghilangkan konsep dan esensi dari minimalis itu sendiri.

6. Perhatikan Penataan Luas setiap Ruangan

Sesuatu yang ditata dengan baik, akan menghasilkan hasil yang baik. Kita memahami bahwa rumah minimalis memiliki keterbatasan dalam hal space, tapi itu tidak akan menjadi masalah asalkan sobat mampu memperhatikan penataan luas setiap ruangan yang ada di rumah. Sebagai contoh, coba sobat perhatikan luas kamar, ruang tamu, dapur, kamar mandi, dan ruangan lainnya.

Pastikan penataan luas setiap ruangan sesuai dengan kebutuhan sobat sehingga pemanfaatkan setiap space menjadi lebih efisien. Misalnya, dapur dan ruangan makan lebih efisien dengan menggabungkannya. Jika ingin dipisah, maka tidak perlu diberi sekat-sekat permanen, cukup diberi pembatas yang bersofat portable, seperti gorden atau juga bisa lemari makanan, sebagai syarat pembatas saja.

7. Pilih Denah atau Tata Ruang dengan Konsep yang Tepat

Bagaimana cara menentukan tata ruang atau denah rumah minimalis yang tepat? Saran saya, banyak-banyaklah mencari referensi. Sobat bisa berselancar di internet dengan mencari gambar-gambar denah rumah minimalis. Di sana, nanti sobat akan melihat bagaimana posisi rumah, mulai dari tampak depan, belakang, dan samping. Sebagai contoh, pilihlah rumah minimalis di mana ruang tamunya berada di bagian depan. Akan aneh jika ruang tamu berada di belakang.

8. Cek Ruang Sirkulasi Udara dan Masuknya Sinar Matahari

Aspek kesehatan juga tidak bisa dianggap remeh. Oleh karena itu, dalam memilih desain rumah minimalis, usahakan yang mampu memberi ruang untuk sirkulasi udara dan masuknya sinar matahari. Seperti yang kita pahami bahwa sinar matahari pagi mampu membunuh virus-virus yang ada di dalam ruangan, begitu juga dengan sirkulasi udara yang lancar akan memberikan asupan oksigen yang bersih untuk tubuh.

9. Sesuaikan Model Desain dengan Kegiatan Sehari-hari

Selain dijadikan sebagai tempat peristirahatan, seringkali rumah dijadikan sebagai “kantor” kedua, apalagi bagi sobat yang berprofesi sebagai pengusaha, orang kantoran, penulis, dan lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya desain rumah minimalis yang dipilih mampu menunjang kegiatan sobat. Pilihlah yang senyaman mungkin.

10. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: