Ini 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis

Ini 15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis

15 Tips Memilih Model Desain Rumah Minimalis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Pencahayaan desain rumah minimalis akan lebih baik jika mengedepankan konsep natural dan tidak begitu terang (menyilaukan). Sebagai contoh, sobat bisa menggunakan lampu LED yang berukuran sedang dengan tingkat pencahayaan yang tidak terlalu terang. Untuk warna, sobat bisa mengkombinasikan berbagai macam warna, seperti putih, orange, atau lainnya, asalkan jangan terlalu mencolok.

11. Perhatikan Sentuhan Dekorasi

Dekorasi merupakan salah satu ciri khas dari rumah minimalis. Oleh karena itu, sobat harus mampu melihat bagaimana desain dekorasi suatu rumah. Sebagai contoh, perhatikan bagaimana penggunaan wallpaper, lampu hias, gorden, penataan cermin, kursi, meja, dan lainnya. Ingat, rumah minimalis harus mengedepankan konsep simplicity dan elegance.

12. Cek Jalur Instalasi Listrik

Jalur instalasi listrik bisa menentukan tingkat kerapian atau efisiensi sebuah rumah, apalagi desain minimalis. Kerapian dan efisiensi itu bisa dilihat dari banyaknya penggunaan kabel dan komponen pendukung listrik lainnya. Misalnya, jika di dalam rumah ada 3 kamar atau ruangan, maka perhatikanlah jumlah penggunaan outlet listriknya. Biasanya, ruangan keluarga memiliki jumlah outlet yang lebih banyak di bandingkan ruangan anak.

13. Cek Jalur Instalasi Air dan Sanitasi

Selain jalur instalasi listrik, jalur instalasi air dan sanitasi juga perlu diperhatikan. Misalnya, jika suatu rumah menggunakan saluran dari PDAM, maka perhatikanlah jalur pipa dan akses masuknya. Pastikan jalur tersebut ditata dengan baik sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Begitu juga dengan sanitasi terkait jalur atau aliran pembuangan yang berasal dari kamar mandi, toilet, tempat cuci baju, wastafel, dan saluran pembuangan air hujan (atap). Ada baiknya juga desain rumah minimalis tersebut dilengkapi dengan septic tank sehingga itu bisa menunjang kebersihan air.

14. Optimalkan Fungsi Furnitur

Sobat tidak perlu membeli furnitur yang mewah dan mahal untuk menunjang desain rumah minimalis. Ingat, semakin sederhana furnitur yang digunakan, maka akan terlihat lebih minimalis. Namun, bukan berarti boleh sembarangan, harus tetap terlihat indah. Selain itu, faktor penempatan furnitur juga bisa berpengaruh terhadap keindahan rumah. Oleh karena itu, tempatkanlah furnitur secara efektif.

15. Pertimbangkan Lingkungan Sekitar Rumah

Meskipun rumah yang sobat pilih sudah bernilai minimalis, namun ketika itu tidak didukung dengan lingkungan yang tepat, maka itu bisa diibaratkan seperti emas di dalam got. Meskipun begitu, ini hanya bersifat alternatif, tapi saran saya, rumah minimalis akan cocok jika dikombinasikan dengan lingkungan yang asri, seperti terdapat banyak pepohonan, jauh dari becek, dan sampah-sampah plastik.

Biasanya, rumah sederhana di desa lebih berpotensi terkena becek karena di desa volume tanah cukup besar dibandingkan dengan di kota yang sudah dijadikan aspal. Meskipun begitu, potensi keasrian rumah di desa juga lebih baik daripada di kota.

Nah, itulah 15 cara terbaik memilih model desain rumah minimalis.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: