Sesuai Sunnah, Berapa Umur Hewan Kurban yang Pas, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Sesuai Sunnah, Berapa Umur Hewan Kurban yang Pas, Berikut Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

1. Kambing dan Domba

Untuk umur kambing dan doma, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan para ulama telah membatasi usia atau umur kambing dan domba yang akan dikurbankan.

Menurut Ustadz Adi Hidayat para ulama menjelaskan bahwa usia atau umur untuk hewan kurban kambing atau domba adalah satu tahun atau sedang memasuki umur dua tahun.

"Usia atau umur hewan kurban jenis kambing dan domba yaitu dalam usia atau umur satu tahun atau sedang memasuki umur tahun ke dua, itu sudah layak di sembelih" terang Ustadz Adi Hidayat.

2. Sapi dan Kerbau

Berbeda dengan kambing dan domba yang sudah bisa diusia satu atau memasuki dua tahun. Sedangkan untuk jenis sapi dan kerbau, menurut Ustadz Adi Hidayat batas minimal usia atau umurnya adalah dua tahun atau tiga tahun.

"Tapi jenis hewan ini ada juga yang sudah membatasi usia atau umur yang lebih layak untuk di jadikan hewan kurban yaitu tiga tahun," terangUstadz Adi Hidayat.

3. Unta

Sementara itu untuk unta, dikatakan Ustadz Adi Hidayat adalah usia minimal agar bisa dijadikan hewan kurban adalah lima tahun.

BACA JUGA:Hewan Kurban Terbaik Apa? Sapi atau Kambing? Berikut Penjelasan Gus Baha

BACA JUGA:Bolehkan Kurban dengan Cara Arisan? Simak Penjelasan Buya Yahya

"Batas usia hewan unta yang layak untuk di jadikan hewan kurban yaitu lima tahun," terang Ustadz Adi Hidayat.

Hewan kurban jenis unta ini tidak bisa dijumpai disemua tempat, karena hanya negara-negara tertentu saja  yang memiliki unta.

Itulah penjelasan Ustadz Adi Hidayat terkait dengan batas minimal usia atau umur hewan kurban sesuai sunnah Rasulullah SAW. Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: