Yuk Kita Kenali HT, Alat Komunikasi Canggih dan Memiliki Beberapa Keunggulan

Yuk Kita Kenali HT, Alat Komunikasi Canggih dan Memiliki Beberapa Keunggulan

handy talkie-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Tentu kita tidak asing lagi dengan yang namanya Handy Talkie atau sering disebut HT.

Sebuah alat Komunikasi yang memiliki bentuk mirip dengan telepon genggam dan alat komunikasi yang satu ini menggunakan gelombang radio untuk bisa menyampaikan pesan.

HT ini dikenal juga dengan radio dua arah yang mampu menjadi alat komunikasi antar dua orang atau lebih yang menggunakannya. Sayangnya, antara pengirim pesan dan penerima pesan tak bisa berkomunikasi secara bersamaan dalam satu waktu.

Berbeda dengan ponsel atau smartphone yang bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja. Ya, melalui alat-alat canggih tersebut kita bisa bertukar pesan melalui email, chatting, call, hingga video call, dan sejenisnya kapan saja.

Karena dalam berkomunikasi dengan HT harus bergantian, maka kedua pihak yang tengah mengobrol ini memiliki simbol khusus, yakni ‘ganti’ atau ‘over’. Simbol tersebut sebagai pertanda kapan harus bergantian dalam berbicara atau menyampaikan pesan, pun menjawab sebuah pesan.

BACA JUGA:Gamers Harus Tau! Ini 10 Prosesor HP Terbaik Buat NgeGame

BACA JUGA:Luncurkan Pad Air Varian Baru, Tablet Oppo Ini Langsung Diserbu Konsumen

Terlepas dari kekurangannya tersebut, HT juga memiliki banyak kelebihan lho. Berikut rincian lengkapnya.

Pekerjaan

Di dalam pekerjaan alat ini sangat berguna sekali walaupun sekilas terlihat sederhana. 

Pekerjaan yang menggunakan alat ini yaitu polisi lalu lintas, security, pekerja tambang, dan event organizer. Dengan adanya alat ini, pengguna bebas melakukan percakapan.

Keselamatan

Di dalam kondisi darurat seperti bencana alam, search and rescue di gunung dan kondisi darurat lainnya alat ini berperan sangat penting. Misalnya ketika sedang terjadi bencana alam, di mana jalur komunikasi public seperti telepon dan seluler terputus untuk beberapa waktu, meskipun sedang drama kondisi seperti demikian, HT masih bisa berfungsi dengan baik. 

Di Amerika, sistem komunikasi radio masih menjadi alat komunikasi yang utama sewaktu terjadi bencana seperti badai, banjir, tsunami, ataupun gempa bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: