Milenial Yang Ingin Punya Rumah Harus Tahu, Ini Daftar 5 Bank Yang Siapkan KPR Untuk Anak Muda

Milenial Yang Ingin Punya Rumah Harus Tahu, Ini Daftar 5 Bank Yang Siapkan KPR Untuk Anak Muda

IST/BE Ini dia daftar 5 Bank Yang Siapkan KPR Untuk Anak Muda --

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kredit Pemilikan Rumah (KPR) merupakan fasilitas kredit yang disediakan oleh pihak perbankan kepada masyarakat yang akan atau ingin membeli maupun memperbaiki rumah. Dengan adanya KPR, seseorang dapat mencicil rumah dengan jangka waktu serta bunga yang telah ditentukan oleh pihak perbankan. 

Menurut survei Bank Indonesia (BI) pembiyaan rumah dengan KPR masih menjadi pilihan utama masyarakat dalam pembelian properti residensial. Bahkan jumlah pangsanya mencapai 75,03 persen dari total pembiayaan, diikuti oleh tunai bertahap 18,22 persen dan secara tunai 6,76 persen. 

Di Indonesia, saat ini dikenal ada dua jenis KPR, yakni subsidi dan nonsubsidi atau komersil. KPR subsidi yaitu suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. 

Bentuk subsidi yang diberikan berupa subsidi meringankan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah. Kredit subsidi ini diatur tersendiri oleh Pemerintah, sehingga tidak setiap masyarakat yang mengajukan kredit dapat diberikan fasilitas ini. 

Secara umum batasan yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam memberikan subsidi adalah penghasilan pemohon dan maksimum kredit yang diberikan.

KPR Nonsubsidi yaitu suatu KPR yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

KPR bagi milenial

Kenaikan harga rumah membuat masyarakat, terutama generasi milenial kesulitan membelinya. Hal ini sempat diutarakan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mengatakan bahwa generasi milenial makin sulit punya rumah karena kenaikan harga rumah tidak sebanding dengan pendapatan.

BACA JUGA:Mau Pengajuan KPR Dalam Waktu Dekat? Simak, Bunga KPR Perbankan Berikut Ini per Juni, Siapa Yang Kamu Pilih?

"Generasi muda ini kemudian akan berumah tangga, kemudian mereka membutuhkan rumah. Tapi mereka cannot afford untuk mendapatkan rumah. Mereka butuh, tapi cannot afford karena purchasing power mereka dibandingkan harga rumahnya yang lebih tinggi," ujarnya. 

Untuk itu, perbankan saat ini mulai gencar untuk mengembangkan KPR khusus bagi generasi milenial. KPR ini biasanya menawarkan banyak keringanan dibandingkan dengan KPR lainnya, seperti uang muka, bunga yang rendah, tenor yang panjang, serta pinjaman dalam jumlah yang besar. 

Berikut ini merupakan lima KPR Milenial yang disediakan oleh beberapa bank.

1. KPR BTN Gaess

KPR Milenial yang disediakan oleh Bank Tabungan Negara (BTN) ini dinamakan dengan “KPR BTN Gaess”. Program ini ditujukan bagi seseorang berusia 21 tahun hingga 40 tahun yang ingin memiliki hunian idaman. KPR ini dapat diajukan secara online melalui website resmi BTN. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: