Lebih Utama Mana? Kurban Sapi untuk 7 Orang atau Kambing Sendiri, Ini Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Lebih Utama Mana? Kurban Sapi untuk 7 Orang atau Kambing Sendiri, Ini Penjelasan Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Ustadz Syafiq Riza Basalamah-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Kurban merupakan salah satu ibadah yang banyak ditunggu umat Islam setiap tahunnya, karena waktu ibadah ini hanya setahun sekali.

Dalam pelaksanaannya, ada yang berkurbann secara bersama-sama yaitu dengan memotong satu ekor sapi atau kerbau untuk tujuh orang. Namun ada juga yang memotong kambing atau domba hanya untuk satu orang saja.

Dengan adanya dua opsi pilihan untuk melaksanakan ibadah kurban tersebut, lalu yang mana yang lebih utama antara kurban sama-sama dengan memotong satu ekor sapi untuk 7 orang atau satu ekor kambing untuk satu orang?

BACA JUGA:Bagaimana Pahala Anak Kurban Atas Nama Orang Tua, Simak Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkan Berkurban 1 Kambing untuk 1 Keluarga, Simak Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Terkait dengan hal tersebut, Ustadz Syafiq Riza Basalamah telah memberikan penjelasan dalam sebuah video.

Penjelasan tentang lebih utama mana antara satu ekor sapi untuk 7 orang atau satu ekor kambing untuk sendiri tersebut terdapat dalam video yang diunggah oleh kanal Youtube Taman Surga.

Dalam video tersebut, Ustadz Syafiq Riza Basalamah mengungkapkan ada perbedaan pendapat atau khilaf dikalangan ulama menyikapi mana apakah lebih baik memotong satu ekor sapi untuk tujuh orang atau satu ekor kambing untuk sendiri.

Dimana menurutnya, ada sebagian ulama yang berpendapat bahwa satu ekor kambing lebih utama dibandingkan dengan satu ekor sapi dengan sistem bersama 7 orang.

"Ada juga yang mengatakan bahwa qurban unta sendirian tidak berserikat, atau sapi secara sendirian tidak berserikat, atau kambing sendirian yang dianggap lebih baik," terang Ustadz Syafiq Riza Basalamah.

Hanya saja menurut, Ustadz Syafiq Riza Basalamah, dalam memandang hal tersebut tetap mengedepankan pertimbangan kondisi dan kebutuhan masyarakat.

BACA JUGA:Bolehkan Beli Hewan Kurban dengan Berhutang, Simak Penjelasan Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkah Keluarga Makan Daging Kurban Kita? Berikut Penjelasan Buya Yahya

Salah satu pertimbangannya adalah karena ada beberapa masyarakat yang lebih cocok mengkonsumsi daging sapi dibandingkan dengan daging kambing, maupun sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: