Waktu Sholat Hajat yang Paling Mustajab dan yang Dilarang!

Waktu Sholat Hajat yang Paling Mustajab dan yang Dilarang!

Para ulama menyarankan agar kita bisa melakukan sholat sunnah Hajat selama 3 malam sampai 7 malam berturut-turut-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sholat hajat adalah salah satu sholat sunnah yang dilakukan saat seseorang memiliki keinginan atau kemauan. Dengan melakukan sholat ini, umat Islam percaya bahwa hajat dan keinginan akan dikabulkan dengan cepat.

Keinginan orang-orang yang melakukan sholat hajat bisa bermacam latar belakang, mulai dari keinginan untuk menikah, keinginan untuk terbebas dari segala macam masalah serta keinginan lainnya.

BACA JUGA:Makan Mie dengan Nasi Amankah Bagi Tubuh? Begini Penjelasannya

Moh Rifai dalam buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap menjelaskan, sholat hajat memiliki banyak macam ragam cara dalam mengerjakannya. Yakni bukan beragam syarat dan rukunnya, tetapi hanya pada bacaan dan tata tertibnya yang berlainan cara mengerjakannya.

Sholat hajat dilaksanakan dua rakaat sampai dengan 12 rakaat. Dengan tiap-tiap dua rakaat satu salam. Adapun ayat-ayat yang dibaca terserah kepada yang akan mengerjakannya. Dan dilaksanakan dua rakaat hingga 12 rakaat, sebagaimana sholat yang lain.

Niat Sholat Hajat

Ushalli sunnatal-haajati rak’ataini lillahi ta’ala.

Yang artinya, “Aku niat sholat sunnah hajat dua rakaat karena Allah Ta’ala,”. Dan apabila selesai mengerjakan sholat hajat, kemudian duduklah dengan khusyuk lalu membaca istighfar.

BACA JUGA:Cara Tidur Cantik Sesuai dengan Tuntunan Rasulullah SAW

Namun dalam implementasinya, banyak orang masih bingung dengan waktu yang tepat untuk melakukan shalat yang lazimnya jarang dilakukan ini. Karena itu, tulisan ini akan menyajikan waktu sholat yang tepat dan tips agar keinginan kita terpenuhi setelah melakukan sholat tersebut.

Waktu Sholat Hajat

Sebenarnya tidak ada panduan khusus yang menyatakan kapan waktu sholat hajat yang tepat bagi umat Islam. Anda dapat melakukan sholat ini setiap kali Anda memiliki waktu, siang atau malam hari.

BACA JUGA:Doa Bahasa Jawa yang Menggemparkan Negeri Hijaz

Namun, para ilmuwan berpendapat bahwa akan lebih baik jika sholat ini dilakukan pada sepertiga malam, sekitar pukul 01:00 sampai subuh pukul 05.00. Seperti diketahui, bahwa yang terakhir dari prosesi sholat pada sepertiga malam terakhir adalah berdoa. Berdoa pada jam-jam tersebut memiliki prioritas tersendiri dibanding waktu lainnya. Jadi jika niat kita harus dipenuhi, ada baiknya melakukan sholat pada jam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: