Cara Tidur Cantik Sesuai dengan Tuntunan Rasulullah SAW

Cara Tidur Cantik Sesuai dengan Tuntunan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW sebagai teladan terbaik umat manusia memberikan contoh cara berkehidupan yang sangat baik, salah satunya adalah tata cara tidur-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tidur adalah suatu kebutuhan baik bagi seorang muslim maupun muslimah.  Dengan Tidur yang cukup akan membuat diri lebih segar dan semangat di keesokan harinya, serta mengumpulkan tenaga agar bisa terus beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. 

Seseorang terlihat cantik karena agamanya, oleh karena itu tidurnya juga harus cantik dengan mengikuti adab-adab ketika tidur berdasarkan tuntunan Rasulullah SAW.

BACA JUGA:Para Istri Amalkan Doa Ini! Agar Suami Bisa Sukses Dalam Berkarir

  • Pertama, tidak tidur larut malam kecuali adanya suatu hal yang darurat seperti mengulang (muroja'ah) ilmu, kehadiran tamu, atau harus menemani keluarga. 

Sebagaimana penjelasan oleh Abu Barzah radhiyallahu 'anhu:

"Bahwasannya Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam membenci tidur malam sebelum (sholat isya) dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat) setelahnya." (HR. Al-Bukhari No. 568 dan Muslim No. 647 (235)) 

BACA JUGA:Tata Cara Salat Sunah Hajat Nabi Khidir, Amalan 1000 Keinginan

  • Kedua, ketika hendak tidur berwudhu terlebih dahulu, dijelaskan dalam hadis berikut:

"Apabila engkau hendak mendatangi pembaringan (tidur), maka hendaklah berwudhu terlebih dahulu sebagaimana wudhumu untuk melakukan sholat." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710) 

  • Ketiga, tidur dengan posisi tubuh miring ke sebelah kanan (rusuk bagian kanan sebagai tumpuan), dan tangan kanan berada di bawah pipi kanan, tidak apa-apa apabila setelah itu posisi tidur berubah ke sebelah kiri (tulang rusuk kiri sebagai tumpuan). 

Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam bersabda:

"Berbaringlah diatas tulang rusuk sebelah kananmu." (HR. Al-Bukhari No. 247 dan Muslim No. 2710) 

BACA JUGA:Gus Baha, Begini Cara Mandi Junub yang Benar Agar Sah!

Begitu pula dengan Rasulullah Shallallahu 'alaihi Wasallam ketika tidur, meletakkan tangan kanannya di bawah pipi kanannya.

  • Keempat, ketika tidur tidak diperkenankan dengan cara telungkup, dimana posisi perut di bawah sebagai tumpuannya baik malam maupun siang hari.

"Sesungguhnya (posisi tidur tengkurap) itu adalah posisi tidur yang dimurkai Allah Azza Wa Jalla." (HR. Abu Dawud dengan sanad yang shahih) 

BACA JUGA:Surat Al Insyirah Pembuka Rezeki, Amalkan Ijazah Kiai Ghofur Sunan Drajat

  • Kelima, membaca ayat-ayat Al-Qur'an berikut ini:

1. Membaca ayat kursi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: