Makan Mie dengan Nasi Amankah Bagi Tubuh? Begini Penjelasannya

Makan Mie dengan Nasi Amankah Bagi Tubuh? Begini Penjelasannya

makan mie dengan nasi--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Orang Indonesia sangat dekat dengan nasi. Makan nasi sudah dijadikan menu pokok yang harus ada ketika makan. Selain nasi, makan mie instan sering menjadi solusi ketika tidak ada nasi dan ketika merasa lapar di jam-jam malam yang sudah tidak ada berjualan makanan.

Tetapi banyak juga yang menyukai makan mie instan dan nasi bersamaan. Lalu apakah itu baik untuk tubuh?

Setiap mie instan mungkin memiliki kandungan yang berbeda, namun gambaran keseluruhannya tetap sama. Sekitar 70% dari mie instan adalah karbohidrat, karena terbuat dari tepung.

Sisanya diisi dengan fortifikasi mikronutrien agar tetap membantu asupan nutrisi harian tubuh. Di dalamnya terdapat vitamin A, B1, B6, hingga B12. 

Nah, yang mengkhawatirkan, kandungan natrium dalam mie instan cukup tinggi. Tubuh manusia pada umumnya membutuhkan antara 1.500 - 2.300 mg natrium dalam satu hari.

Satu porsi mie instan biasanya mengandung sekitar 1.000 mg natrium. Berarti, sudah memenuhi lebih dari 50% kebutuhan tubuh kita.

Kelebihan natrium sendiri bisa mengikat air di dalam tubuh, menyebabkan penyakit seperti hipertensi dan meningkatkan beban jantung dalam memompa darah. Saat mau makan mie instan pakai nasi, sebaiknya kamu mempertimbangkan hal ini juga.  

BACA JUGA:Ini Dia 11 Mie Instan Non-MSG yang Aman Dikonsumsi Anak

BACA JUGA:Ini Dia Tips Agar Mie Instan Lebih Sehat Ketika Dikonsumsi Anak-anak

Nasi + Mie Instan

Apakah kamu pernah menghitung asupan kalori kamu dalam satu hari? Normalnya, manusia dewasa membutuhkan 2.000 hingga 2.500 kalori. Namun, angka pastinya bergantung pada usia, gender, metabolisme, hingga kegiatan masing-masing orang.

Buat yang lagi diet atau punya target mengurangi berat badan, biasanya asupan kalori hariannya lebih rendah. Antara 750 hingga 1.500 kalori. 

Gimana kalau makan mie instan pakai nasi? Mie instan sendiri memiliki kalori antara 300 hingga 400 kalori. Sementara satu porsi nasi putih mengandung sekitar 200 kalori.

ini berarti, makan mie instan pakai nasi secara keseluruhan mengandung 500 - 600 kalori. Walaupun angka tersebut masih tergolong normal, tapi tidak dengan kandungan gizi dan seratnya. Nggak heran, kurangnya serat dalam mie instan bikin kita cepat lapar setelah memakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: