Ternyata Make Up dan Skincare Sudah Dikenal Sejak Mesir Kuno!

Ternyata Make Up dan Skincare Sudah Dikenal Sejak Mesir Kuno!

Orang-orang Mesir kuno yang menjadi pencetus penggunaan make up dan skincare hingga berkembang seperti sekarang ini-Bengkulu Ekspress-Istimewa

Para penyair sering kali menjadikan make up sebagai bahan olokan dalam syair-syair mereka. Apalagi sejak kemunculan blush on (pemerah pipi) pada 1 Masehi. Blush on sering dikaitkan pada wanita pekerja seks komersial, karena pipi yang memerah karena blush on diartikan sebagai simbol 'tidak tahu malu'.

BACA JUGA:Ini Dia Keistimewaan Orang yang Lahir Hari Selasa Menurut Primbon Jawa

Di era Bizantium, make up berada di puncak kejayaannya. Pria dan wanita menghias diri mereka sesuka hati. Mereka juga menggunakan kapur sebagai bedak dan batu apung untuk memutihkan gigi. Mereka juga mewarnai rambut dengan daun pacar seperti yang dilakukan oleh orang-orang Persia.

Itulah kenapa orang-orang Bizantium disebut sebagai kelompok 'yang jago menyombongkan' diri. Karena mereka memang berusaha untuk terlihat mencolok dari orang lain.

Sejak saat itu make up dan skincare terus berkembang hingga sekarang. Produk-produk sintetis mulai diproduksi dan diperjualbelikan. Namun bahan yang digunakan banyak yang berbahaya. Seperti orang-orang Italia pada zaman era Renaissance yang menggunakan timbal untuk mencerahkan wajah. Atau Ratu Elizabeth I yang menggunakan venetian ceruse (ramuan timbal putih ditambah cuka) dan merkuri untuk memutihkan wajah. Atau tar batu bara sebagai pewarna rambut ilegal di Amerika.

BACA JUGA:Inilah Universitas Tertua di Dunia, Bukan Oxford dan Bologna!

Pada abad ke-18 penggunaan make up dan skincare alami mulai digandrungi. Orang-orang mulai menggunakan masker putih telur dan madu, mencuci muka dengan anggur dan jeruk nipis, serta penggunaan ekstrak buah dan bunga seperti air mawar, perasan lemot, jus bit, dan lain-lain. Sedangkan make up dan skincare seperti yang kita kenal sekarang ini, baru muncul di abad ke-19 dan terus mengalami perkembangan hingga hari ini. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: