Seleksi Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, 5 Orang Timsel Hanya Ajukan 4 Nama, Fahmi: Kami akan Profesional

Seleksi Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu, 5 Orang Timsel Hanya Ajukan 4 Nama, Fahmi: Kami akan Profesional

Elfahmi Lubis-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Nama-nama peserta calon anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 telah diumumkan oleh Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu, Rabu (17/5/2023).

Dari 27 nama-nama yang lulus ini, ada nama-nama yang tidak asing dan berpengalaman dalam penyelenggara Pemilu, baik sebagai komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Bawaslu.

Diantaranya ada Ketua KPU Bengkulu Selatan Alpin Samsen, Ketua Bawaslu Bengkulu Tengah Asmara Wijaya, Ketua KPU Kota Bengkulu Martawansyah, anggota Bawaslu Kaur Noor Muhammad Tomi, dan mantan anggota KPU Provinsi Bengkulu Juniarti Boermansyah. Lalu ada staf Bawaslu Provinsi Bengkulu Debisi Ilhodi.

Lalu Halid Saifullah yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Bengkulu dan Dodi Herawansyah sebagai anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:10 Besar KPU Provinsi Bengkulu, Bukan Hanya Perang Bintang Penyelenggara Pemilu Tetapi Juga Kalangan Aktivis

Selanjutnya ada advokat atau pengacara, Abdusy Syakir dan Novran Harisa. Novran juga merupakan akademisi yaitu dosen tetap di Univerasitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Lalu ada mantan Ketua KPID Provinsi Bengkulu Ratimnuh. 

BACA JUGA:20 Peserta Lolos Seleksi Tertulis Calon KPU Kaur, 2 Diantaranya Penyelenggara KPU Aktif

BACA JUGA:Nama-nama 27 Calon Anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu Lulus Administrasi

Menariknya di sini 2 orang calon anggota KPU Provinsi Bengkulu yang sudah masuk 10 besar yaitu Alpin Samsen dan Debisi Ilhodi ikut mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu. Mereka berdua baru saja mengikuti Fit and Propertest di KPU RI beberapa hari yang lalu untuk menentukan lulus 5 besar KPU Provinsi Bengkulu.

Untuk diketahui, nama-nama yang lulus ini nanti akan mengikuti tahapan seleksi sehingga final hanya akan dipilih 2 orang nama oleh Bawaslu RI untuk melengkapi 3 orang anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu yang sudah diseleksi akhir tahun 2022 lalu. Sementara Timsel hanya akan mengajukan 4 nama ke Bawaslu RI.  Sungguh pilihan yang sulit.

Ketua Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu Elfahmi Lubis saat ditemui di ruang kerjanya mengakui bahwa  nama-nama yang lulus administrasi  ini memiliki latar belakang yang berbeda -beda. 

Namun dalam tahapan seleksi ini pihaknya akan mengedepankan bersikap profesional dan objektif dalam setiap tahapan yang akan dijalani oleh para bakal calon anggota Bawaslu Provinsi Bengkulu periode 2023-2028 mendi.

"Kita panitia Timsel Bawaslu Provinsi Bengkulu tidak melihat latarbelakang dari pendaftar, karena kami bekerja atas dasar daripada hasil CAT dan psikologi, kesehatan dan wawancara," tegas Fahmi pada bengkuluekspress.disway.id, (18/5/2023).

BACA JUGA:Ditanya Pilgub Bengkulu 2024, Ini Jawaban Rohidin Mersyah dan Helmi Hasan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: