Mobil Dinas Kepresidenan RI Dari Masa ke Masa, Ternyata Merk Ini yang Paling Sering Digunakan

Mobil Dinas Kepresidenan RI Dari Masa ke Masa, Ternyata Merk Ini yang Paling Sering Digunakan

Mercedes Benz S-600 Pullman Guard, mobil dinas yang digunakan oleh SBY dan Presiden Jokowi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

3. BJ Habibie, Abdurahman Wahid (Gus Dur), dan Megawati 


Mercedes Benz S-600 seri yang satu ini mulai dipakai dari Presiden Suharto, BJ Habibie, Abdurahman Wahid (Gus Dur) hingga Megawati Soekarnoputri-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Setelah Soeharto lengser pada 21 Mei 1998, mobil Mercedes-Benz S600, menjadi warisan bagi presiden-presiden lainnya mulai dari Presiden Bacharuddin Jusuf Habibie (1998-1999), kemudian Abdurahman Wahid atau Gus Dur (1999-2001), dan Megawati Soekarno Putri (2001-2004).

BACA JUGA:Mobil Presiden Nyangkut saat Lewati Jalan Buruk di Lampung

Di awal Susilo Bambang Yudhoyono menjadi presiden, dia juga sempat merasakan ketangguhan Mercedes-Benz S600. Di masanya, mobil ini sudah tergolong sangat canggih, karena dilengkapi kaca dan bodi antipeluru, serta tahan dari serangan mortir atau granat.  

4. Presiden SBY dan Jokowi 


Mercedes Benz S-600 Pullman Guard, mobil dinas yang digunakan oleh SBY dan Presiden Jokowi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Di era Presiden SBY mobil kepresidenan yang digunakan adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Mobil ini disebut memiliki lisensi perlindungan B6/B7 yang merupakan standar proteksi keamanan tertinggi dari mobil kenegaraan.

Ketangguhan Mercy S600 Pullman Guard ini lebih canggih dan tetap mampu menahan tembakan senapan, mortir, granat, hingga serpihan ledakan bom. Tidak hanya body dan kaca antipeluru. Jika mobil ini kempes atau bocor, masih dapat berjalan hingga 60 kilometer.

Mobil ini juga dilengkapi sistem pemadam kebakaran yang mampu mengunci titik penyebaran api serta panic alarm system untuk memberitahu saat ada ancaman. Pada bagian kaca depan dan jendela belakang mobil ini tahan panas, sistem adjutable doorhold di keempat pintu, kemudian pintu belakang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

BACA JUGA:Harga dan Spesifikasi Mobil Presiden Jokowi yang Dipakai Meninjau Jalan Rusak di Lampung

Untuk jantung pacu, mobil ini dibenamkan mesin 12 silinder Biturbo, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 517 Tk.

Meski memiliki bobot mencapai 4.200 kilogram, Mercedes-Benz S600 Pullman mampu melesat dengan kecepatan puncak 210 km/jam. Mobil tersebut masih digunakan saat era Presiden Joko Widodo sampai saat ini.

Dari beberapa mobil dinas kepresidenan yang pernah menemani orang nomor satu di Repulik tercinta ini menjalankan tugas negaranya, ternyata Mercedes Benz adalah merk yang paling sering digunakan, tentu saja karena standar keamanan yang tinggi dan kenyamanan mobil ini jadi pilihan. 

5. Presiden Joko Widodo

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: