Mobil Dinas Kepresidenan RI Dari Masa ke Masa, Ternyata Merk Ini yang Paling Sering Digunakan

Mobil Dinas Kepresidenan RI Dari Masa ke Masa, Ternyata Merk Ini yang Paling Sering Digunakan

Mercedes Benz S-600 Pullman Guard, mobil dinas yang digunakan oleh SBY dan Presiden Jokowi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Deretan mobil dinas presiden Indonesia dari masa ke masa menarik perhatian untuk diulas. Banyak model kendaraan yang digunakan orang nomor satu di Indonesia ini, mulai dari presiden pertama Soekarno hingga Presiden Jokowi.

Mobil presiden tentunya memiliki spesifikasi keamanan dan standar keselamatan yang berbeda dibanding kendaraan biasa. Setiap presiden memiliki mobil kepresidenan dengan jenis yang berbeda-beda disesuaikan dengan zamannya.

Berikut deretan mobil presiden Indonesia dari masa ke masa:

 1. Presiden Soekarno 


Buick-8 mobil dinas yang digunakan Presiden Soekarno-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Mobil Presiden Pertama Indonesia Soekarno menggunakan mobil buatan Amerika Serikat, Buick-8. Mobil ini merupakan tipe Limited-8, yang dibuat pada 1939. Buick-8 bukan mobil biasa, pada zamannya mobil ini cukup tangguh menggunakan mesin 5.247 cc.

Ada cerita menarik terkait mobil Kepresidenan Soekarno. Ternyata mobil ini bukan dibeli negara. Pada tahun 1945 mobil Buick-8 ditemukan di belakang kantor Departemen Perhubungan Masa Penduduk Jepang, yang saat ini disebut kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta.

BACA JUGA:Perbaiki Jalan Rusak di Lampung, Pemerintah Pusat Siapkan Rp 800 Miliar

Beberapa mobil Presiden Sokarno lain yang dipakai untuk dinas adalah Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13, Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial. Mobil bersejarah ini kini disimpan di Museum Gedung Joang 45 Menteng 31, Jakarta. Kondisinya cukup apik dengan warna hitam mentereng.

2. Presiden Soeharto 


Mercedes-Benz S280 (Bulletproof) mobil dinas yang pernah digunakan oleh Presiden Suharto-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, mobil kepresidenan yang dipakai adalah Mercedes-Benz 500SEL. Mobil ini memiliki spesifikasi keamanan tingkat tinggi. Mercedes-Benz 500SEL juga pernah digunakan Presiden AS Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

BACA JUGA:Tak Lewati Jalan yang Disiapkan Pemprov Lampung, Ini Alasan Jokowi

Mobil Kepresidenan Soeharto telah dilengkapi kaca antipeluru. Belum lagi pada bagian bodi dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan serangan mortir dan guncangan. Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 delapan silinder berkapasitas 5 liter, yang mampu melaju hingga kecepatan 220 km/jam. Pada 1994, Soeharto mengganti mobil kepresidenannya menjadi Mercedes-Benz S600.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: