Bandel, Mobil Bak Terbuka Masih Angkut Penumpang Saat Lebaran, Dirlantas: Kita Tilang

Bandel, Mobil Bak Terbuka Masih Angkut Penumpang Saat Lebaran, Dirlantas: Kita Tilang

Salah satu mobil bak terbuka atau pick up yang ditemui saat mengangkut penumpang-(foto: tri yulianti/bengkulekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Larangan menggunakan mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang tak di gubris oleh masyarakat Bengkulu. Bahkan H+2 lebaran sejumlah mobil bak terbuka lalu lalang mengunjunginya objek wisata yang ada di Provinsi Bengkulu.

Direktur Lalu Lintas Polda Bengkulu Kombes Pol Joko Suprayitno kembali menegaskan pada masyarakat untuk tidak menggunakan mobil bak terbuka untuk mengantisipasi penumpang.

Apabila hal tersebut masih dilakukan, pihaknya gak segan-segan akan memberikan sanksi berupa tilang.

"Kami tidak bosan-bosan menghimbau sejak dua Minggu lalu untuk tidak menggunakan mobil bak terbuka atau pick up untuk mengangkut penumpang ataupun manusia," kata Kombes Pol Joko Suprayitno, Minggu (23/4/2023).

BACA JUGA:1.200 Masyarakat Rayakan Hari Raya Idul Fitri di Lapas Bengkulu, Kalapas Minta Petugas Pastikan Kondisi Aman

Masih kata Joko, pada prinsipnya operasi ketupat nala tahun 2023 ini dilakukan secara humanis. Sehingga tindakan yang bersifat tilang tidak dilakukan pihaknya saat perayaan lebaran.

Namun hal itu akan dilakukan apabila para pengendara atau pengemudi melakukan tindakan yang berat dan tidak dapat ditolerir lagi.

"Teruntuk mobil pick up kami mengharapkan untuk tidak dilakukan tilang, karena ini operasi yang bersifat humanis. Umpamanya pelanggaran yang dilakukan di nilai berat maka tilang adalah alternatif terakhir," pungkas Kombes Pol Joko.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan mobil bak terbuka atau pick masih ditemui di sejumlah ruas jalan, khususnya ruas jalan yang mengarah ke objek wisata.

Pelarangan mobil bak terbuka untuk mengangkut penumpang ini bukan tanpa alasan, melainkan untuk keselamatan daripada nyawa manusia itu sendiri.

Tak hanya itu, penggunaan mobil bak terbuka untuk angkut penumpang juga tidak safety. Sehingga di khawatirkan terjadinya kecelakaan dan menimbulkan korban jiwa. (Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: