Ini Dia 6 Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri: Mandi, Makan hingga Mengucapkan Doa

Ini Dia 6 Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri: Mandi, Makan hingga Mengucapkan Doa

Amalan sebelum sholat Idul Fitri-(Istimewa)-

Sebelum berangkat untuk mengerjakan sholat Id, umat Islam juga disunnahkan untuk makan dahulu. Hal ini sebagaimana yang telah diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, beliau mengutamakan makan dahulu sebelum sholat. Bahkan disebukan bahwa seseorang yang meninggalkan anjuran makan sebelum sholat Id ini hukumnya makruh. 

Terkait anjuran makan sebelum sholat Id ini Berdasarkan hadist riwayat Buraidah yang artinya: "Dari Buraidah berkata: "Nabi saw tidak berangkat pagi pada hari raya idul fitri kecuali makan terlebih dahulu, dan tidak makan pada hari idul Adha kecuali setelah pulang, kemudian makan hasil penyembelihannnya." (HR. Ahmad). 

3. Mengenakan Pakaian Terbaik 

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri selanjutnya yaitu memakai pakaian yang terbaik. Hal ini seperti yang dijelaskan dalam salah satu hadist yang memiliki arti sebagai berikut: 

"Dari Ali bin Abi Thalib Radhiallahu ‘Anhu, bahwa: Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami pada dua hari raya untuk memakai pakaian terbaik yang kami punya, dan memakai wangi-wangian yang terbaik yang kami punya, dan berkurban dengan hewan yang paling mahal yang kami punya." (HR. Al Hakim dalam Al Mustadrak) 

4. Berjalan Kaki Menuju Tempat Sholat 

Umat Islam disunnahkan untuk berjalan kaki ketika menuju tempat sholat. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Sayyidina Ali: 

"Termasuk sunnah Nabi adalah keluar menuju tempat shalat Id dengan berjalan”. (HR. al-Tirmidzi dan beliau menyatakannya sebagai hadits Hasan). 

Adapun malan sunnah ini bisa dipraktikkan jika sholat Idul Fitri dikerjakan di luar rumah seperti masjid ataupun lapangan terbuka. Sementara itu, bagi orang yang tidak mampu berjalan kaki seperti orang yang lanjut usia, orang lumpuh dan lainnya diperbolehkan menaiki kendaraan. 

5. Mengambil Jalan Berbeda saat Pergi dan Pulang 

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri berikutnya adalah dianjurkan mengambil jalan yang berbeda ketika pergi dan pulang sholat Id. Amalan tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW: 

"Nabi SAW ketika hari raya mengambil jalan yang berbeda (antara pergi dan pulangnya)." (HR. Bukhari) 

Mengambil jalan yang berbeda ketika pergi dan pulang sebelum sholat Idul Fitri tersebut dilakukan dengan tujuan agar kita bisa bertemu dengan orang yang berbeda ketika mengambil jalan yang tidak sama. Tujuannya agar supaya kita bisa berbagi kebahagiaan melalui sapa ataupun senyuman. 

6. Memberi Ucapan Doa 

Amalan sunnah sebelum sholat Idul Fitri lainnya yakni dianjurkan memberikan sebuah ucapan doa kepada sanak saudara atau teman. Ucapan ini bisa berupa doa seperti "Taqabbalallahu minna wa minkum" yang artinya yaitu semoga Allah menerima amalan kami dan kalian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: