Ini Dia 6 Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri: Mandi, Makan hingga Mengucapkan Doa

Ini Dia 6 Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri: Mandi, Makan hingga Mengucapkan Doa

Amalan sebelum sholat Idul Fitri-(Istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sholat Id merupakan suatu ibadah yang hukumnya sunnah muakkad dan dikerjakan umat Islam pada saat Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa amalan sebelum sholat Idul Fitri yang dianjurkan untuk dikerjakan umat Islam.

Amalan sebelum sholat Idul Fitri ini sebaiknya dilakukan oleh umat muslim meskipun hukumnya sunnah. Jika dikerjakan akan mendapatkan pahala namun apabila tidak, seorang muslim tidak berdosa.  

Hari Raya Idul Fitri akan diperingati oleh umat Islam di sleuruh dunia setiap tanggal 1 Syawal. Sementara itu, hingga saat ini pemerintah Indonesia belum mengumumkan secara resmi terkait kapan Idul Fitri 2023. Adapun kepastian ini masih menunggu hasil dari sidang isbat yang akan digelar pada 20 April 2023 mendatang. 

BACA JUGA:Tata Cara Sholat Idul Fitri Sesuai Sunnah Rasulullah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Momen lebaran biasanya akan diperingati dengan suka cita sebagai salah satu bentuk rasa syukur dan kebahagiaaan setelah sebulan penuh menahan lapar dan dahaga di bulan Ramadhan. Selain itu, umat muslim juga bisa menunaikan sejumlah amalan sunnah yang baik untuk diamalkan ketika hari lebaran berlangsung.  

Amalan Sebelum Sholat Idul Fitri 

Berikut sejumlah amalan yang sebaiknya dilakukan sebelum sholat Idul Fitri dikutip dari suara.com:

1. Mandi 

Membersihkan seluruh anggota badan dengan cara mandi Idul Fitri merupakan amalan sunnah bagi siapapun baik itu laki-laki ataupun perempuan yang sedang haid atau nifas. Adapun sunnah ini juga berlaku untuk mereka yang tidak bisa mengerjakan sholat Id, misalnya orang yang sedang sakit. 

Sunnah mandi ini dapat dimulai pada saat tengah malam Hari Raya Idul Fitri sampai dengan tenggelamnya matahari, tetapi lebih diutamakan jika mandi setelah terbitnya fajar.

Terdapat bacaan niat mandi Idul Fitri sunnah saat Hari Raya Idul Fitri. Berikut adalah niatnya:  

Nawaitul ghusla iidilfitri sunnatalillahi ta'alaa 

Artinya: "Aku niat mandi Idul fitri, sunnah karena Allah". 

2. Makan  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: