Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Mempersiapkan Kendaraan

Ketika memilih untuk mudik pakai motor, Carmudian tidak boleh kompromi dengan kondisi kendaraan yang akan dipakai ‘berperang’ di jalan menuju kampung halaman.

Kendaraan harus dalam kondisi yang sangat baik ketika hendak digunakan. Baik itu bagian mesin, rem, kelistrikan, kaki-kaki, ban, dan lainnya. 

Hal tersebut sudah seharusnya menjadi perhatian utama si pengendara agar pada saat melakukan perjalanan mudik kendaraan tidak mengalami masalah apapun.

Jangan lupa juga untuk melakukan penggantian oli mesin, minyak rem, kampas rem, dan suku cadang fast moving lainnya sebelum melakukan perjalanan.

Anda juga harus memikirkan situasi terburuk ketika motor yang dipakai untuk mudik mengalami masalah.   

Bawa Suku Cadang dan Perkakas Bengkel

Jika sudah memastikan diri melakukan mudik pakai motor, usahakan untuk membawa suku cadang untuk penggantian darurat. 

Suku cadang yang dimaksud bisa seperti, busi, kunci busi dan obeng-obeng untuk membuka, filter udara, air radiator, pompa ban elektrik, dan oli mesin. 

Motor keluaran terbaru umumnya sudah menggunakan ban berjenis tubles, sehingga tidak membutuhkan ban dalam cadangan.

Tapi, Anda bisa membawa alat penambal ban tubles model tancap.

Jika memutuskan untuk membawa alat penambal ban cadangan, pastikan Anda juga membawa pompa ban elektrik. Tujuannya agar ban motor bisa segera dipompa dan Anda bisa segera melanjutkan perjalanan.

Siapkan Rute

Sebelum melakukan perjalanan mudik pakai motor, pastikan Anda menyiapkan rute yang akan dilewati. Usahakan memilih rute yang ramai dilewati banyak orang agar perjalanan terasa lebih aman ketika di jalan terkendala masalah.

Anda juga wajib memastikan diri hafal terhadap rute yang akan dilewati. Hafal yang dimaksud adalah memahami kontur dan kondisi jalanan pada saat siang maupun malam hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: