Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Bawa Uang Tunai

Walaupun di zaman modern seperti sekarang banyak masyarakat yang sudah mengandalkan cashless, namun saat melakukan mudik pakai motor usahakan tetap membawa uang tunai. 

Membawa uang tunai tentunya akan memudahkan Anda melakukan transaksi apapun. Anda harus memiliki pola pikir bahwa Anda tidak selamanya berhenti di tempat dengan pembayaran non tunai.

Melakukan transaksi di warung kelontong atau rumah makan pinggir jalan di luar kota umumnya masih mengandalkan uang tunai ketimbang scan QRIS atau mesin EDC. 

Belum lagi pada saat hendak isi BBM motor di SPBU atau sekadar jajan sembari mengistirahatkan sepeda motor tentu uang tunai akan terasa berguna sekali.

Lindungi Anggota Tubuh

Pastikan saat melakukan mudik pakai motor Anda melindungi seluruh anggota tubuh. Maksudnya apa, ya?

Maksudnya gunakan perlengkapan berkendara dengan baik dan benar. Contohnya memakai helm full face, jaket, sepatu, sarung tangan, dan protektor pada bagian tangan atau kaki.

Tujuannya agar Anda bisa lebih aman saat melakukan mudik yang jarak tempuhnya tidak sebentar. Menyayangi anggota tubuh harus dilakukan oleh para pemudik dengan sepeda motor tanpa terkecuali.

Jangan lupa juga untuk memakai masker atau balaclava saat berkendara guna melindungi wajah dari serangan debu dan kotoran di perjalanan. 

Beberapa hal di atas wajib dilakukan oleh masyarakat yang hendak melakukan mudik pakai motor tanpa alasan apapun. 

Keselamatan diri sendiri dan orang lain harus menjadi prioritas utama dibandingkan kecepatan tiba di tujuan. 

Namun, akan lebih baik lagi jika masyarakat tetap memilih transportasi umum untuk mudik dibandingkan mengendarai sepeda motor. (AMX)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: