Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Mau Mudik? Terpaksa Pakai Motor? Harap Perhatikan Hal Ini!

Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Biasanya para pemudik yang menggunakan motor akan memilih jalur yang cenderung lebih ramai ketimbang sepi. Hal ini bertujuan agar jika terjadi masalah pada kendaraan, diharapkan masih ada banyak orang yang bisa memberikan bantuan.

Sering Istirahat

Jangan pernah memaksakan diri saat melakukan mudik pakai motor. Saat badan merasa lelah, usahakan segera menepi untuk beristirahat.

Pastikan saat beristirahat Anda melakukan peregangan otot agar badan menjadi lebih cepat rileks. Jika bisa tidur, usahakan tidur sejenak agar badan kembali segar saat melakukan perjalanan kembali.

Saat istirahat jangan lupa mengisi asupan tubuh dengan makanan bergizi dan berkualitas. Pastikan menjaga asupan minum tetap terjaga agar tubuh tidak dehidrasi saat melakukan perjalanan jauh. 

Usahakan saat sedang beristirahat Anda bercuci muka menggunakan sabun wajah agar tetap merasa segar dan bersemangat dalam melakukan perjalanan.

Bawa Barang Secukupnya

Ingat, kendaraan roda dua memiliki keterbatasan mengangkut beban. Usahakan untuk tidak membawa barang yang tidak terlalu penting dalam perjalanan mudik pakai motor.

Pastikan Anda membawa barang yang hanya dinilai penting saja seperti dompet, obat-obatan, jas hujan, dan baju ganti. 

Jika harus berboncengan, pastikan Anda memiliki box untuk bisa menaruh barang agar penumpang bisa lebih nyaman saat di perjalanan.

Jika terpaksa melakukan perjalanan mudik, Anda sebaiknya mengirim baju ganti terlebih dahulu via kargo ke kota tujuan. Hal ini bertujuan agar Anda tidak membawa barang yang berlebihan saat perjalanan.

Catat Nomor Darurat

Tak hanya pengendara mobil, mereka yang mudik pakai motor juga wajib menyimpan nomor penting darurat di kontak gadget pribadi. 

Beberapa di antaranya seperti kepolisian, ambulans, bengkel, dan lainnya. Jangan lupa juga untuk mencari informasi keberadaan bengkel pada jalur yang akan dilewati nantinya.

Meski tidak ada yang menginginkan masalah saat di jalan, tapi dengan mencatat nomor penting dan darurat ini diharapkan Anda memiliki persiapan yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: