Jangan Dibuang! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Yang Perlu Kamu Tau

Jangan Dibuang! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Yang Perlu Kamu Tau

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama ini kita selalu membuang kulit buah jeruk saat mengkonsumsi buah jeruk. Hal itu sangat wajar karena hanya daging buah saja yang dikonsumsi. Namun tahukah anda jika kulit yang biasa kita buang tersebut bisa kita manfaatkan untuk hal yang lain.

Dari keberadaannya khususnya kandungan yang ada di dalamnya memilik beberapa khasiat yang bisa kita manfaatkan. Berikut beberapa kegunaanya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Pewangi ruangan

Menurut Southern Living, kulit jeruk ternyata memiliki kandungan pewangi yang tinggi. Cukup mencampurkan air, minyak, cuka atau alkohol dengan aroma jeruk. Jika ingin mencampur aroma jeruk dengan minyak atau cuka, cukup letakan campuran kulit jeruk dan minyak atau cuka ini pada botol atau wadah. Lalu, tutuplah campuran tersebut dan letakkan di tempat yang sejuk dan gelap selama 1-2 minggu.

BACA JUGA:Makin Dimanja! Aturan Baru PNS Dilarang Kerja Hari Sabtu

Kita juga bisa menggunakan kulit jeruk sebagai pengharum udara. Caranya, kita bisa mengeringkan kulit jeruk ini dengan dehidrator atau menggunakan oven dan menyettingnya pada suhu terendah selama 20 menit. Kemudian, letakkan kulit jeruk yang telah kering tersebut ke dalam wadah kecil atau stocking untuk mengharumkan ruangan untuk menghilangkan bau tak sedap.

Pembersih serba guna

Kulit jeruk dapat menjadi pembersih alami yang baik untuk membersihkan rumah. Cara membuatnya pun cukup mudah, rendam kulit jeruk di dalam air cuka dan diamkan selama satu hingga dua minggu.

Kemudian campurkan air dengan perbandingan 50:50 dan mulailah membersihkan rumah seperti biasa. Wangi alami dari kulit jeruk dapat membersihkan sekaligus mengharumkan rumah. Dengan melakukan cara ini, kita juga telah membantu menyelamatkan lingkungan dengan mendaur ulang bahan yang telah digunakan.

BACA JUGA:Tinggal Segera Perbuatan ini, Kata Ustadz Adi Hidayat Bisa Bikin Jatuh Miskin

 

Memutihkan gigi

Orang-orang yang memiliki gigi kuning dan kusam dapat menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi masalah ini. Ada dua cara sederhana yang bisa dipilih. Pertama, gunting kulit jeruk memanjang dan tutupi gigi dengan bagian dalam kulit menghadap barisan gigi. Sikat gigi seperti biasa setelah didiamkan beberapa menit, untuk mencegah kerusakan email gigi oleh asam.

Atau, bisa kita giling kulit jeruk dalam blender sampai menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk ke gigi dan gosok merata, layaknya menggosok gigi seperti biasa. Gigi akan kembali putih dan noda pun terangkat. Untuk hasil terbaik, lakukan trik ini rutin; 1 menit setiap hari selama seminggu. Asam yang terkandung dalam kulit jeruk akan membantu untuk mencerahkan permukaan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: