Peringatan Dini BMKG untuk Wilayah ini, Waspada Gelombang Tinggi

Peringatan Dini BMKG untuk Wilayah ini, Waspada Gelombang Tinggi

gelombang tinggi di Bengkulu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terbaru soal kondisi cuaca ke depan.

Pada unggahan di akun Instagram resmi, BMKG menyebutkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi Wilayah Perairan Indonesia. Peringatan itu berlaku tanggal 15 April 2023 Pukul 07.00 WIB hingga 16 April 2023 Pukul 07.00 WIB.

Lebih lanjut, Pusat Meteorologi Maritim menjelaskan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat Laut - Timur Laut dengan kecepatan angin berkisar 3 -15 knot.

"Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya - Barat dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot," dikutip dari situs resmi Pusat Meteorologfi Maritim, Sabtu (15/4/2023).

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian utara dan Perairan Jayapura," lanjutnya.

BACA JUGA:Jelang Lebaran Muncul Gerhana Matahari Hibrida, ini Wilayah yang Mengalami

Berikut peringatan BMKG terkait kondisi laut:

- Area dengan gelombang sedang (1,25-2,50 m)

Kondisi ini diperkirakan terjadi di Perairan Utara Sabang, Barataceh, Pulau Sawit sampai Rote, Selat Sape Bagian Selatan, Selat Sumba, Perairan Selatan Flores, Perairan Jayapura, dan Samudra Pasifik Utara Papua

 

- Area dengan gelombang tinggi (2,50-4,0 m)

Kondisi ini kemungkinan terjadi di Perairan Barat Kepualauan Niasa hingga Kelulauan Mentawai, Perairan Bengkulu, Samudra Hindia Barat Kepulauan Nias hingga Mantawi, Perairan Sleatan Sumbawa hingga Sumba, serta Samudra Hindia Selatan NTT

BACA JUGA:Pusat Gempa di Bengkulu Selatan, Dirasakan di 3 Provinsi

- Area dengan gelombang sangat tinggi (4,0-6,0 m)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: