Ribuan Personel Anggota Polri, TNI, dan Pihak Terkait Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran di Bengkulu

Ribuan Personel Anggota Polri, TNI, dan Pihak Terkait Siap Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran di Bengkulu

Rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat nala 2023-(foto: tri yulianti/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Ribuan personel Polda Bengkulu dan jajaran disiagakan untuk pengamanan Operasi Jetupat Nala tahun 2023 saat arus mudik dan arus balik hari raya idul fitri 1444H 2023.

Tak hanya Polri, ratusan personel dari jajaran TNI dan stakeholder terkait juga disiagakan untuk mengantisipasi meledaknya arus mudik dan arus balik lebaran tahun 2023 ini.

Dikatakan Waka Polda Bengkulu Brigjen Pol Umar Dani, pihaknya memprediksi akan ada  ledakan pada masyarakat yang melakukan mudik dan sebaliknya. 

Masih kata Umar Dani, hal itu di sebabkan tidak adanya pembatasan bagi masyarakat yang ingin mudik seperti saat pandemi covid-19 dua tahun silam.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Kebut Pemeriksaan Otobus dan Sopir Jelang Lebaran

BACA JUGA:Langgar Administrasi Keimigrasian, WNA China Dideportasi

"Kita harus memastikan bahwa Meraka yang melakukan arus mudik dan balik dalam keadaan aman," ujar Brigjen Pol Umar Dani usai melaksanakan rapat lintas sektoral di Gedung Aden Polda Bengkulu, Kamis (13/4/2023).

Lebih lanjut, dalam rapat koordinasi lintas sektoral operasi ketupat nala tahun 2023 dalam rangka kesiapan menghadapi idul fitri 1444 H 2023 di Provinsi Bengkulu ini, pihaknya juga membahas terkait angkutan mudik. 

Dimana pada situasi saat ini, pihaknya fokus pada angkutan darat dan juga udara. Sedangkan angkutan laut hanya diperuntukkan bagi masyarakat lokal seperti ingin ke Enggano atau sebaliknya.

"Kita fokus pada angkutan darat dan udara. Kerena kalau laut tidak ada karena hanya lokal menuju Enggano saja. Selain itu, untuk penerbangan sudah tidak ada lagi tiket dan tidak ada ekstra flight. Sehingga aktivitas penerbangan yang sekarang hanya melayani yang sudah memesan tiket jauh hari," tambah Waka Polda Bengkulu.

Ia juga mengungkapkan, rapat yang digelar ini merupakan cheking terakhir kesiapan TNI Polri serta stakeholder terkait dalam rangka pengamanan jelang lebaran dan setelah lebaran.

Dengan begitu, jenderal bintang satu ini berharap pada seluruh stakeholder yang terlibat dalam operasi pengamana Idul Fitri tahun ini dapat menjalankan tugas sesuai dengan tupoksinya.

"Saya harapkan jangan hanya pada saat rapat ini bagus. Tapi implementasi saat operasi juga harus bagus. Personelnya ada, peralatan ada dan komunikasi nya bagus. Sehingga terjadi sesuatu kita sudah tahu apa yang harus dilakukan dan instansi mana yang akan menangani," tutupnya.

Untuk diketahui, operasi ketupat nala tahun 2023 dalam rangka kesiapan menghadapi idul fitri 1444 H 2023 di Provinsi Bengkulu ini akan di mulai pada tanggal 18 April 2023 dan berakhir pada 1 Mei 2023 mendatang.(Tri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: