3 Skema Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023, Jika Tidak Cair Mungkin Ini Penyebabnya

3 Skema Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023, Jika Tidak Cair Mungkin Ini Penyebabnya

bansos--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT) pada 2023 telah digulirkan pemerintah. Tahap 1 ini telah dicairkan ke beberapa daerah dengan sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penyaluran bansos PKH dan BPNT pada 2023 sama-sama berupa uang tunai. Pencairannya dilakukan melalui Bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, dan BTN), BSI, serta PT Pos Indonesia. Bank Himbara dan BSI menjangkau 431 kabupaten/kota. Sementara itu, PT Pos Indonesia menjangkau 83 kabupaten/kota.

Berikut ini adalah tiga skema pencairan bansos PKH dan BPNT:

KPM datang langsung ke kantor Pos.

PT Pos akan datang ke komunitas seperti RT, RW, kelurahan, banjar dan komunitas masyarakat lainnya untuk menyalurkan bantuan.

Skema door to door di mana petugas Pos akan mengantarkan langsung ke rumah masing-masing.

Skema door to door  ini merupakan skema khusus yang eksekusinya hanya berlaku bagi KPM dengan akses terbatas seperti lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat yang berada di Kawasan 3T atau tertinggal, terluar, dan terpencil.

Hingga saat ini, julah penerima jumlah penerima 2,3 juta KPM untuk 83 kabupaten/kota dialokasikan 1,1 juta KPM penerima bansos sembako dan PKH oleh kantor Pos.

Nah, ternyata ada keluhan KPM yang tidak cair bansos PKH dan BPNT pada tahap 1 2023. Di beberapa daerah ada yang penyaluran bansos secara bersama baik PKH maupun BPNT, namun ada pula yang baru PKH atau BPNT saja.

BACA JUGA:Cair Langsung! Aplikasi GoNovel Dapat Saldo DANA Gratis Rp 700.000

BACA JUGA:Jadwal Pencairan Bansos BLT PKH Tahap 2, Cek 7 Syarat Penerima Rp 750.000

Bahkan ada yang belum cair keduanya. Kalau pun BPNT sudah cair, ada yang tidak cair secara penuh.

Di mana seharusnya Rp 600 ribu (Januari, Februari, dan Maret 2023), namun hanya cair Rp 400 ribu (Januari dan Februari 2023).

Dari total KPM yang telah menerima bansos PKH masih ada sekitar 900 ribu KPM yang belum cair.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: