Ini Dia Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Low Budget!

Ini Dia Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Low Budget!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Memiliki rumah atau hunian yang nyaman adalah dambaan hampir setiap orang. Tak jarang, orang rela mengocek dompet untuk merenovasi rumah yang ditempati agar jauh lebih nyaman dan indah.

Renovasi sendiri dibagi menjadi dua, yaitu renovasi sebagian dan renovasi total. Renovasi sebagian merupakan perbaikan sebagian rumah terhadap ruangan yang rusak, ditambah atau diganti dengan bahan bangunan baru. Sedangkan renovasi total adalah membangun kembali suatu rumah dari awal. 

Apabila Anda berniat untuk melakukan renovasi rumah sebagian atau total, berikut adalah beberapa pertimbangan yang perlu diperhatikan untuk menekan budget dalam renovasi rumah minimalis.

1.Perencanaan Keuangan 

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah rencana keuangan dalam renovasi rumah. Untuk renovasi rumah minimalis, Anda bisa menggunakan metode 50:30:20 untuk menentukan besaran uang yang harus terkumpul. 50% dialokasikan untuk pos kebutuhan, 30% untuk pos bayar hutang/cicilan, dan 20% untuk renovasi rumah. 

Misalnya, Anda memiliki gaji sekitar Rp 15 juta setiap bulan. Maka, Anda bisa membagi 20% gaji Anda untuk kebutuhan renovasi atau sekitar Rp 3 juta. Apabila anggaran yang terkumpul belum mencukupi untuk renovasi rumah minimalis, Anda dapat mengumpulkan uang terlebih dahulu dengan mencari penghasilan sampingan ataupun mengalokasikan uang renovasi lebih besar setiap bulannya.

2.Tentukan Konsep

Setelah memiliki perencanaan keuangan dan jika uang tabungan dirasa sudah cukup, Anda dapat menentukan konsep rumah yang ingin direnovasi. Renovasi rumah minimalis akan jauh lebih murah dibandingkan renovasi rumah dengan tema atau konsep lainnya. Rumah minimalis tidak memiliki banyak lekukan, tekstur, dan lainnya, sehingga memudahkan Anda dalam melakukan renovasi.

3. Survei Bahan Baku 

Yang berikutnya adalah survei bahan baku. Survei bahan baku sendiri dapat dilakukan dengan bertanya pada toko material terdekat atau mencari informasi dari internet. Walaupun masih bersifat estimasi atau perkiraan, hal ini bisa menjadi acuan dana yang akan dikeluarkan. Penghematan membeli bahan baku bisa dilakukan jika Anda menggunakan kupon atau promo yang tersedia di marketplace. 

4. Gunakan Tukang Terpercaya 

Jika dirasa tidak bisa melakukan sendiri, mencari tukang adalah hal yang perlu Anda lakukan setelah survei bahan baku. Tukang sangat berpengaruh pada hasil renovasi dan biaya yang dikeluarkan. Semakin banyak tukang yang Anda pekerjakan, kemungkinan akan cepat selesai pula bangunan yang ingin direnovasi. Namun, Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membayar beberapa tukang tambahan. 

BACA JUGA:Ini Dia Rekomendasi Warna Cat Rumah Yang Bagus dan Populer 2023!

BACA JUGA:Begini Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: