Anda Mau Beli Rumah? Pahami 7 Tipe Rumah Berikut Ini!

Anda Mau Beli Rumah? Pahami 7 Tipe Rumah Berikut Ini!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kebutuhan akan tempat tinggal adalah bagian dari kebutuhan primer atau mendasar bagi setiap manusia. Saat berencana membeli rumah ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Salah satu diantaranya yaitu tipe rumah.

Memilih tipe rumah dapat dimulai dari kebutuhan serta budget yang Anda miliki. Nah, kira-kira tipe rumah seperti apa yang cocok untuk Anda? Mari kita bahas satu persatu di artikel berikut ini.

Sebelum membahas tipe rumah yang ada di Indonesia, ada baiknya kita pahami dulu pengkategorian rumah. Setidaknya ada 3 kategori rumah yang paling umum dikenal di masyarakat.

Antara lain yaitu kategori rumah sederhana, menengah, dan mewah. Penjelasan lengkapnya bisa Anda lihat di uraian berikut.

1. Kategori Rumah Sederhana / Minimalis

Kategori yang pertama yaitu rumah sederhana. Pada kategori ini, luas bangunan yang ada kurang dari 90 meter persegi dan biasanya terdiri dari bangunan satu lantai.  Rumah ini dirancang sedemikian rupa untuk dapat memenuhi kebutuhan akan tempat tinggal di lahan yang terbatas. Adapun tipe rumah yang termasuk dalam kategori rumah sederhana yaitu tipe 21, 36, 45, dan 60.

2. Kategori Rumah Menengah

Kategori yang kedua yaitu rumah menengah. Untuk hunian jenis ini luas tanah berkisar 90-300 meter persegi, terdiri dari 2 lantai, serta memiliki banyak ruangan. Adapun tipe rumah yang termasuk dalam kategori ini yaitu 90, 120, dan lainnya.

3. Kategori Rumah Mewah

Untuk kategori yang ketiga yakni rumah mewah, luas bangunan lebih dari 300 meter. Karena tipe rumah jenis ini jarang dimiliki, untuk detail ruangan ataupun jumlah lantai yang ada biasanya berbeda-beda tergantung dari masing-masing pemilik rumah.

Tipe Rumah di Indonesia

Jika dilihat dari ukuran dan luas tanahnya, berikut ini  ada 7 tipe rumah yang paling banyak dicari.

1. Tipe 21/24

Tipe rumah yang pertama yaitu rumah 21/24. Sesuai dengan namanya, tipe rumah ini di bangun di atas tanah dengan luas 21 meter atau 24 meter persegi dengan dimensi bangunan 3x7, 5,25x4, atau 6x3,5 meter. Hunian yang satu ini masuk dalam kategori perumahan yang pertama, yakni rumah sederhana atau minimalis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: