Ini Dia 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Paling Ditunggu

Ini Dia 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Paling Ditunggu

--

4. Takbir Keliling


Takbir keliling--bincang syariah

Salah satu cara menyambut kemenangan di hari yang fitri adalah dengan pelaksanaan takbir keliling. Kegiatan ini dilakukan dengan menyerukan takbir secara keliling baik jalan kaki maupun naik kendaraan. Kegiatan takbir keliling menjadi salah satu momen yang dinanti anak-anak saat musim Lebaran karena biasanya disertai dengan membawa lampion yang cantik-cantik.

5. Ziarah Makam


Ilustrasi ziara kubur-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Tradisi ziarah makam saat Lebaran biasanya dilakukan setelah salat Idul FItri. Salah satu hal yang istimewa di sini adalah dilakukan bersama dengan keluarga besar yang sedang mudik. Orang-orang yang datang ke makam akan berdoa dan nyekar atau menabur bunga untuk mempercantik makam keluarga.

6. Liburan Bersama Keluarga Besar


Ilustrasi liburan-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Karena waktu libur Lebaran yang cukup panjang, sisa waktu yang ada selama di kampung halaman biasanya akan dihabiskan dengan berlibur bersama keluarga besar. Momen ini akan menjadi hal yang berharga karena kemungkinan hanya terjadi sekali waktu dalam satu tahun.

7. Ketupat


Pedagang ketupat menjelang Idul Fitri-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Tradisi Lebaran selanjutnya adalah makan ketupat. Makanan khas Lebaran ini biasanya disantap dengan opor ayam, rendang, semur, dan kerupuk udang. Lebih istimewanya lagi, alih-alih membeli ketupat ini biasanya dibuat sendiri satu hari sebelum hari raya idul fitri. Makan ketupat terasa semakin nikmat karena dilakukan bersama keluarga.(**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: