Ini Dia 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Paling Ditunggu

Ini Dia 7 Tradisi Lebaran di Indonesia Yang Paling Ditunggu

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tanpa terasa sudah satu minggu lebih umat Islam sudah menjalani ibadah puasa. Hari yang paling dinantikan setelah menjalankan ibadah puasa, adalah perayaan Idul Fitri juga dikenal dengan sebutan Lebaran.

Tidak hanya sekedar ucapan hari kemenangan, pada hari ini pula umat muslim akan merasakan kebahagiaan karena ada berbagai tradisi Lebaran di Indonesia yang tentunya sudah mereka tunggu-tunggu.

Tradisi Lebaran di Indonesia pada setiap wilayah atau daerah mungkin berbeda-beda. Namun beberapa diantaranya, seperti halal bi halal, takbir keliling, sampai mudik tidak terdengar asing di sebagian besar penduduk Indonesia.

Ingin tahu tradisi Lebaran di Indonesia yang selama ini sudah berjalan selama bertahun-tahun dan sempat terhenti karena pandemi beberapa tahun lalu. Simak ulasannya.

1. Mudik


tradisi mudik lebaran-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-dinkominfo demak

Tradisi Lebaran di Indonesia yang sampai saat ini masih ramai dilakukan adalah mudik alias pulang kampung. Perantau akan menggunakan libur panjang di musim Lebaran untuk kembali ke kampung halaman. Selain digunakan sebagai momen saling memaafkan, bagi para pemudik Lebaran juga menjadi saat di mana mereka bisa menumpahkan rasa rindu.

2. Halal Bi Halal


halal bihalal, selain silaturahmi juga saling memaafkan-(foto: blibli/bengkuluekspress.disway.id)-

Halal bi halal adalah kegiatan berkunjung ke rumah keluarga, saudara, atau bahkan tetangga untuk saling bermaaf-maafan.

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini halal bi halal juga diadakan secara online, seperti melalui video call. Meski begitu, halal bi halal akan terasa lebih afdol jika dilakukan secara langsung karena biasanya juga akan disertai dengan makan bersama.

3. Salam Tempel atau THR


ilustrasi thr--

Tradisi Lebaran satu ini mungkin menjadi salah satu yang disukai khususnya oleh anak-anak atau seseorang yang belum bekerja. Salam tempel adalah tradisi membagi-bagian amplop berisi sejumlah uang. Biasanya sudah dipersiapkan sejak Ramadan THRnya. Disebut salam tempel karena biasanya THR ini akan diberikan saat sedang bersalaman. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: