Pesta Demokrasi 2024: Pemuda Menentukan Masa Depan Bangsa

Pesta Demokrasi 2024: Pemuda Menentukan Masa Depan Bangsa

Budi Hartono-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Suara pemuda sangat menentukan arah kemajuan bangsa. Pemilu 2024, dimana pemuda akan mendominasi sebagai pemilih, tentu, bukan tak mungkin memunculkan tokoh-tokoh muda. 

Jika ada pertanyaan, memangnya suara pemuda didengar? Jangan salah, belakangan ini banyak kebijakan yang dibuat dengan mempertimbangkan aspirasi dari kelompok pemuda. 

Buktinya bisa kita lihat dari berbagai dukungan pemerintah, misalnya di sektor industri kreatif. Berbagai kebijakan justru berasal dari para pemuda yang aktif di Internet.

Itu pula alasan sekarang banyak pejabat publik yang membuat akun media sosial: demi dekat dengan para pemuda pengguna internet.

Contoh lain,  di era 2000-an awal remaja main game hanya dianggap buang-buang waktu. Namun ternyata banyak juga gamer yang berprestasi. Bahkan dari hobi gamer, makin banyak pemuda Indonesia mengembangkan game lokal yang keren. 

Karena konsisten berkarya, para pengambil kebijakan di pemerintahan akhirnya sadar, sektor game bisa jadi industri besar. Maka lahirlah banyak dukungan untuk sektor ini.

Contoh lainnya adalah Citayam Fashion Week. Dari awalnya hanya kumpulan nongkrong adu keren dengan fashion low budget, mereka ternyata bisa bikin sensasi. 

Akhirnya para pejabat negara tahu, sektor industri fashion bisa dikembangkan dan mulailah beragam upaya fasilitasi untuk sektor ini.

Jadilah pemilih muda yang kritis

Maju dan mundurnya bangsa Indonesia kedepan, sudah sangat tentu dipengaruhi oleh pilihan muda pada pesta demokrasi 2024 nanti. Seperti hasil survei yang dirilis CSIS, jumlah kedua generasi tersebut mendekati 60% dari total pemilih. 

Jumlah ini akan mempengaruhi kepemimpinan bangsa Indonesia kedepannya dan perwakilan rakyat, karena itu partisipasi pemuda dalam Pemilu sangat penting. Jangan salah pilih. Saatnya memilih pemimpin dan wakil rakyat, mereka akan membawa aspirasi kita kelak.

Pemilih muda harus kritis dalam menentukan pilihan. Mengenali figur atau profil setiap kandidat yang akan dipilih. Pemilih muda harus mampu melacak dan melihat track record para kontestan Pemilu.

Kritis dalam menentukan pilihan adalah sangat penting dalam sebuah demokrasi. Terutama dalam menyaring dan menyeleksi isu dan informasi yang beredar. Tsunami informasi dalam pesta demokrasi diprediksi akan meningkat. 

Pemilih kritis tidak gampang percaya pada informasi yang beredar. Namun, harus mampu melakukan kroscek atau melacak kebenaran, dengan mencari sumber utama.Sehingga tidak tersesat dan terjebak informasi bohong, yang akan mempengaruhi pilihan.

Lebih lagi, setiap kandidat harus dilihat visi dan misinya, apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan masyarakat, serta yang paling penting adalah apakah kandidat yang dipilih nanti dapat diyakini menjalankan visi dan misi, dan amanah dari rakyat, terlebih aspirasi pemuda. Sebab itu, peran serta anak muda dalam pemilu 2024 akan menentukan masa depan bangsa.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: