12 Titik Drainase dalam Kota Bengkulu Diperbaiki, Ditargetkan Selesai Tepat Waktu

12 Titik Drainase dalam Kota Bengkulu Diperbaiki, Ditargetkan Selesai Tepat Waktu

Dinas PUPR Kota Bengkulu di tahun ini akan memperbaiki 12 saluran drainase yang ada di beberapa lokasi di kota.-(foto: budhi sulaksono/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selain perbaikan drainase utama melalui pengerukan aliran sungai, tahun 2023 ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bengkulu juga akan memperbaiki 12 titik drainase permukiman di Kota Bengkulu. 

Dikatakan Kepala Dinas PUPR Kota Bengkulu Noprisman ST melalui Kabid SDA Dinas PUPR kota, Yosef Feri Yorizal, 12 drainase itu diperbaiki, karena sudah rusak tidak bisa mencegah terjadinya banjir lagi.

"Kita targetkan pengerjaannya bisa tuntas dalam hitungan bulan. Hal ini tujuannya agar aliran air hujan bisa lancar dan tidak menimbulkan banjir," ucap Noprisman kepada BE, Kamis (23/2/2023).

Ia menjelaskan, untuk drainase yang akan dilakukan perbaikan yakni drainase yang ada di Perumahan Surabaya, Perumahan Bumi Mas Kopri, Perumahan Perum Gading Cempaka Dan Perumahan Perum Puri Lestari. 

BACA JUGA:Terbitkan Kamus Bahasa Lembak dan Bangun Rumah Adat

BACA JUGA:Kawasan HP Air Teramang Mukomuko Dirambah, Ini Buktinya

"Untuk perbaikan 12 drianase tersebut kita (Pemkot, red) sudah menyediakan anggaran Rp 2 miliar," terangnya saat itu.

Selain itu, Yosef Feri Yorizal mengatakan, sebagian saluran drainase juga sudah dimulai perbaikannya dan sebagian lagi masih dalam proses. Dengan perbaikan saluran drainase tersebut diharapkan dapat mencegah banjir di daerah perumahan karena drainase memiliki peran yang penting dalam mencegah terjadinya banjir.

"Proses perbaikan sedang berjalan, diharapkan nantinya upaya ini dapat menanggulangi banjir di Kota Bengkulu, yang memang sering terjadi," ungkap Yosef.

Sementara itu, untuk pembangunan drainase baru, Yosef menyebutkan, tahun ini Pemkot memang tidak menyediakan anggaran. Program itu kembali diusulkan dalam APBD Perubahan nanti.

"Nanti kita masukkan dalam APBD Perubahan. Jika nanti bisa disetujui, maka pembangunan drainase baru itu baru bisa dikerjakan di bulan Oktober-Desember," bebernya.

Noprisman mengimbau agar masyarakat bisa menjaga dan merawat saluran drainase jika nanti sudah dilakukan perbaikan.

"Kita minta masyarakat bisa menjaganya dan tidak membuang sampah di aliran drainase yang tentu bisa berimbas pada banjir jika drainase dipenuhi sampah," pungkasnya. (529)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berita ini sudah tayang di surat kabar bengkulu ekspress